Manajemen minta maaf kepada pelanggan dan kami terus memaksimalkan perbaikan jaringan FO itu."
Medan (ANTARA News) - PT Telkom mengungkapkan adanya jaringan fiber optik (FO) perusahaan itu yang terputus di dua lokasi pada Senin siang sehingga akses komunikasi telepon dan data di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau, terganggu.

"Dua lokasi jaringan FO yang putus masing-masing jalur Rengat-Bukit Kemuning dan jalur Duri-Dumai," kata Manager Komunikasi Telkom Regional Sumatera, Syaiful Hadi di Medan, Senin malam.

Ia menyebutkan titik putusnya jaringan FO di jalur Rengat-Bukit Kemuning pada KM-42 berdasar observasi Telkom di lapangan akibat adanya pembersihan parit oleh salah satu instansi di daerah itu.

Pada ruas Rengat-Bukit Kemuning yang terkoneksi dengan sentral di Medan, Pekanbaru dan Jatinegara terputus pada pukul 13.27 WIB. Sedangkan untuk lokasi Duri-Dumai ke Bukit Dangas (Batam) yang menghubungkan Medan, Pekanbaru dan Batam, terjadi pukul 14.40 WIB.

"Kalau terputusnya FO jalur Rengat-Bukit Kemuning sudah diketahui penyebabnya, maka jalur Duri-Dumai ke Bukit Dangas, belum diketahui penyebabnya. Telkom sedang meneliti," kata Syaiful.

Dia menegaskan tim Telkom sedang melakukan upaya "recovery" dengan melakukan penyambungan FO di dua jalur itu dengan harapan bisa segera teratasi untuk menormalkan kembali jaringan komunikasi dan data Telkom di empat provinsi itu.

"Manajemen minta maaf kepada pelanggan dan kami terus memaksimalkan perbaikan jaringan FO itu," kata Syaiful. (E016/A039)

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013