Titik ini juga diprediksi sangat padat di sepanjang libur Lebaran ini.
Solo (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Jawa Tengah,  menyiagakan layanan kedaruratan di titik padat kendaraan saat arus mudik Lebaran 2024.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Dishub Kota Surakarta Henry Satya di Solo, Jumat, memperkirakan akan ada dua titik paling padat di masa angkutan Lebaran 2024, yakni di kawasan Jurug dan Ngemplak.

"Di kawasan Jurug ini selain karena merupakan pintu masuk dari sisi timur Kota Solo, kebangkitan lalu lintas juga diperkirakan tinggi karena ada objek wisata Solo Safari," katanya.

Di kawasan Ngemplak, menurut dia, kepadatan terjadi karena berdekatan dengan Masjid Sheikh Zayed yang biasanya didatangi banyak wisatawan.

"Titik ini juga diprediksi sangat padat di sepanjang libur Lebaran ini," katanya.

Baca juga: Polda Bali siapkan kantong parkir antisipasi kepadatan di Padangbai

Ia mengatakan di dua lokasi tersebut, Dinas Perhubungan mendirikan area peristirahatan sehingga pemudik bisa memanfaatkan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi peristirahatan tersebut, di antaranya tempat tidur, kamar mandi, kasur lipat, layanan medis, hingga fasilitas pijat dari terapis tunanetra yang disiapkan oleh Baznas.

Selain itu, ada pula Posko Lebaran yang difungsikan untuk para petugas yang mengatur lalu lintas di kawasan tersebut.

"Kami juga siapkan layanan-layanan kedaruratan lainnya seperti derek kendaraan, pantauan mobile, penindakan perparkiran juga standby selama 24 jam selama masa angkutan Lebaran berlangsung," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan Tol Cimanggis-Cibitung antisipasi kepadatan

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan Kota Solo siap menghadapi kedatangan para pemudik.

 Ia mengatakan salah satu yang dilakukan yakni pemerintah berupaya mengebut perbaikan infrastruktur yang menjadi akses utama para pemudik.

"Salah satunya Viaduk Gilingan. Insya Allah mudik aman dan nyaman," katanya.

Ia mengatakan dari kepolisian dan Dinas Perhubungan juga sudah menyiapkan pengaturan lalu lintas di sejumlah titik yang akan dilalui para pemudik.

Ia juga mengimbau para pemudik untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan perjalanan.

"Hati-hati semuanya, semoga puasa dilancarkan dan Lebaran bertemu dengan keluarga," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024