Untuk menghindari kemacetan, masyarakat diimbau untuk mudik lebih awal.
Denpasar (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Bali menyiapkan tiga kantong parkir di sepanjang jalur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Karangasem, Bali untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan selama masa Lebaran 2024.
 
Kepala Bidang Operasi (Karo Ops) Polda Bali Komisaris Besar Polisi Soelistijono di Denpasar, Kamis, mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan kantong parkir tersebut meskipun prediksi arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Padangbai tidak terlalu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Hasil koordinasi dengan ASDP Padangbai, sepertinya Padangbai tidak terjadi lonjakan jumlah penumpang yang signifikan pada tahun ini karena adanya tol laut dari Banyuwangi ke Pelabuhan Lembar. Jadi, mengurangi kepadatan di Padangbai," kata dia.
 
Tiga kantong parkir menuju Pelabuhan Padangbai, yakni kantong parkir di Kusamba, Kabupaten Klungkung dengan kapasitas daya tampung 200 unit roda empat/roda enam (R4/R6).
 
Kedua, kantong parkir rest area Yeh Malet, Kabupaten Karangasem dengan kapasitas daya tampung 50 unit kendaraan R4/R6, kemudian kantong parkir ketiga berada di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem dengan kapasitas 300 unit R4/R6 dan 150 unit roda dua (R2).
 
Polda Bali juga menyiapkan jalur alternatif apabila jalur utama terjadi bencana alam atau hambatan lain yang menyebabkan jalur utama tidak bisa dilewati.
 
Untuk jalur alternatif sendiri, jika kendaraan dari arah Denpasar, pemudik dapat memilih rute belok kiri jika sudah berada di SP3 Bengkel Jalan Bypass Ngurah Rai, lalu belok kanan ke arah Jalan Setra. Selanjutnya belok kanan ke Jalan Andakasa, lalu menuju Pelabuhan Padangbai.
 
Dalam memperlancar alur sirkulasi kendaraan yang masuk dan keluar Pelabuhan Padangbai maupun di dermaga rakyat Padangbai, Polri membaginya dalam empat zona.
 
Empat zona tersebut adalah Zona A (gerbang masuk Pelabuhan Padangbai Tool Gatt, Jembatan Timbang dan loket tiket), Zona B (area parkir kendaraan roda 2), Zona C (ruang tunggu penumpang/kendaraan dengan berbagai jenis), dan Zona D (jalur menuju Dermaga 1 dan Dermaga 2).
 
Untuk menunjang kinerja personel kepolisian di jalur menuju Pelabuhan Padangbai, Polri menyiapkan 22 unit CCTV.
 
Kombes Pol. Soelistijono mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari puncak mudik Lebaran 2024.
 
"Untuk menghindari kemacetan, masyarakat diimbau untuk mudik lebih awal," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua DPR apresiasi kepolisian antisipasi kemacetan arus mudik
Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Pulogebang diperkirakan pada H-3 Lebaran

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024