Denpasar (ANTARA) -
Kepolisian Daerah Bali menyiagakan lebih dari 500 personel untuk mengamankan sejumlah tempat pelaksanaan kegiatan pawai takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Denpasar dan wilayah lain di Provinsi Bali.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Bali Komisaris Besar Polisi Jansen Avitus Panjaitan di Denpasar, Selasa malam, mengatakan pengamanan terhadap umat Muslim yang melakukan takbiran keliling menjadi salah satu perhatian jajaran kepolisian selama Operasi Ketupat Agung 2024.

"Polda Bali sudah menyiapkan personel di lokasi-lokasi yang akan melaksanakan malam takbiran," kata Jansen.

Mantan Kepala Polresta Denpasar itu merinci dari 252 masjid dan 636 mushala di Provinsi Bali, terdapat 28 masjid yang diinformasikan melaksanakan takbiran keliling yang diawali dari masjid masing-masing.

Operasi kepolisian yang terdiri atas tujuh satgas sudah disiapkan dan berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait, seperti TNI. Pecalang desa adat juga dilibatkan dalam kegiatan pengamanan malam takbiran.

Baca juga: Polri siapkan pengamanan antisipasi takbir keliling

Ia berharap masyarakat yang melakukan takbiran keliling tetap tertib selama kegiatan berlangsung. "Jangan sampai melaksanakan euforia berlebihan, patuhi peraturan-peraturan yang berlaku, termasuk juga petugas-petugas yang mengatur, jangan sampai melanggar atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum," kata Jansen.

Secara terpisah, Kepala Bagian Operasi Polresta Denpasar Komisaris Polisi I Ketut Tomiyasa yang ditemui di sela pengamanan pawai malam takbiran di depan Masjid Raya Baiturrahman, Denpasar Timur, mengatakan sebanyak 36 personel yang terdiri atas 26 personel Polda Bali dan 10 personel dari Brimob turut mem-back up kegiatan malam takbiran keliling di Dusun Wanasari, Denpasar Timur.

"Jadi, kita melaksanakan kegiatan pengamanan biasa. Yang pertama kita prioritaskan untuk pengaturan lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan, kemudian kita juga melakukan pengamanan terhadap masyarakat yang melaksanakan kegiatan takbiran pada malam ini," katanya.

Baca juga: 1.300 personel gabungan dikerahkan antisipasi takbir keliling

Kepolisian Resor Kota Denpasar juga menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas, khususnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Maruti dan Jalan Kartini, apabila terjadi kepadatan kendaraan yang menuju Masjid Baiturrahman Denpasar.

Pantauan di lapangan, personel kepolisian sudah bersiaga sejak pukul 18.00 Wita bersama unsur pengamanan lainnya. Pengalihan lalu lintas juga diterapkan mulai pukul 20.20 Wita karena volume kendaraan dan masyarakat yang membludak di sekitar lokasi titik awal pawai.

Menurut keterangan Kompol Tomiyasa, jumlah peserta yang mengikuti pawai malam takbiran di Dusun Wanasari sekitar 600 orang.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024