Karangasem, Bali (ANTARA) -
Kepolisian Resor Karangasem, Bali meminta masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 agar memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi layak pakai.

Kepala Kepolisian Resor Karangasem Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Nengah Sadiarta di Karangasem, Bali, Sabtu mengatakan kondisi kendaraan sangat penting untuk menghindari kecelakaan lalu lintas selama perjalanan mudik.
 
"Pastikan membawa kendaraan baik roda dua roda tiga, roda empat dalam keadaan prima, harus di cek dulu remnya dan peralatan yang lainnya," katanya.
 
Selain kondisi kendaraan, kesehatan pemudik harus dalam keadaan prima.
 
Karena itu, Kapolres Karangasem Nengah Sadiarta mengimbau masyarakat yang menggunakan jasa Pelabuhan Padangbai, hal pertama yang diperhatikan adalah kesehatannya sendiri di samping kendaraan yang dipakai untuk mudik.
 
"Sebelum bepergian pastikan kondisi dalam keadaan sehat demi mengurangi resiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Untuk membantu pemudik yang mengalami kelelahan atau kurang sehat, Polres Karangasem menyiapkan posko yang dilengkapi dengan tenaga kesehatan lintas sektoral.
 
Karena itu, pemudik diminta untuk tidak sungkan meminta bantuan petugas kepolisian di beberapa pos yang disiapkan sepanjang jalur mudik menuju Pelabuhan Padangbai.
 
Hal ketiga yang perlu diperhatikan oleh pemudik adalah kesadaran hukum mematuhi peraturan lalu lintas selama dalam perjalanan. Selain untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas, kedisiplinan diri mematuhi peraturan lalu lintas juga sangat penting untuk keselamatan pribadi atau orang lain selama dalam perjalanan.
 
"Sama-sama kita berpikir bagaimana menjadi polisi untuk diri sendiri, polisi untuk lingkungan kita," katanya
 
Mantan Kapolres Klungkung itu berharap perayaan Idul Fitri pada tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan para pemudik bisa berkumpul dengan keluarganya dengan selamat dan menikmati lebaran Tahun 2024 ini lebih penuh dengan makna dan keceriaan.
 
Hal yang tak kalah penting bagi pemudik sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah dalam keadaan aman. Para pemudik diminta untuk menitipkan barang-barang berharga seperti sepeda motor untuk dititipkan di Polres Karangasem atau Polsek -Polsek untuk menghindari adanya kehilangan barang.
 
Layanan penitipan tersebut tidak dipungut biaya apapun dari pemudik.
 
"Kami memberikan layanan itu agar masyarakat yang mudik itu bisa tenang meninggalkan rumahnya," kata Nengah Sadiarta.

Baca juga: Polda Bali siapkan kantong parkir antisipasi kepadatan di Padangbai

Baca juga: Polda Bali siagakan 2.005 personel amankan Lebaran 2024

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024