Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Aparat kepolisian memastikan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat mulai terbebas dari aktivitas truk besar bersumbu tiga atau kendaraan golongan III demi menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2024 pada siang ini.

"Ya benar, untuk kendaraan sumbu tiga sudah mulai pelarangan melintasi jalur tol," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karawang AKP Lucky Martono di Karawang, Jumat.

Baca juga: Korlantas mulai cek jalur Tol Jakarta-Merak untuk persiapan mudik 2024

Menurut dia, sesuai arahan yang diterima dari Korlantas Mabes Polri, kendaraan sumbu tiga sementara dilarang melintasi jalan tol ini berlaku secara efektif hingga Selasa (16/4) atau H+5 Lebaran Idul Fitri.

Selama masa pelarangan tersebut, kendaraan yang sudah terlanjut melintas akan diparkirkan oleh petugas kepolisian ke beberapa kantung parkir.
 

Pihaknya telah memetakan masing-masing lokasi parkir kendaraan itu, seperti tanah lapang, kawasan SPBU, bahu jalan yang ada di wilayah Karawang Timur, Karawang Barat dan sejumlah jalur arteri.

Baca juga: Pemerintah tambah rest area hingga perlebar jalan hadapi mudik 2024

Baca juga: DKI kemarin, imbauan mudik saat lebaran hingga Pilgub DKI


Lucky mengungkapkan dengan adanya kebijakan ini, diharapkan arus lalu lintas mudik Lebaran lebih aman dan lancar. Pihaknya mengemukakan bukan  rahasia umum kalau salah satu pemicu hambatan atau kemacetan jalan itu adalah kendaraan besar. karena bobotnya berat dan jalannya lamban.

"Jadi, karena sudah di sosialisasikan sejak beberapa pekan lalu seharusnya kebijakan ini dapat lebih diperhatikan, karena sifatnya hanya sementara," ujarnya.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024