Jakarta (ANTARA) - Ratusan sepeda motor bersama pengendaranya diangkut dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat.

Sebelum diangkut kapal, dilakukan verifikasi terhadap sepeda motor dalam empat tahap. Yakni pemeriksaan dokumen pendaftaran mudik gratis, pemasangan stiker,  pemeriksaan bahan bakar dan terakhir tahap registrasi keberangkatan.

"Saya sama istri dan dua anak saya mau mudik ke Semarang dan hari ini memang 'check-in' keberangkatan," kata Roni (29), seorang karyawan swasta yang mengikuti program mudik gratis usai menyelesaikan tahap terakhir verifikasi keberangkatan.

Roni mengaku telah lima kali mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut. "Kalau sama ini, sudah lima kali ikut mudik gratis, ya merasa terbantulah ya," kata Roni.

Baca juga: Selama arus mudik, bagasi penumpang kereta api maksimal 20 kilogram
Baca juga: BPJS buka posko di Terminal Pulo Gebang guna dukung kenyamanan pemudik


Roni (29), karyawan swasta yang menyelesaikan tahap terakhir verifikasi dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (5/4/2024). ANTARA/Risky Syukur
Di Semarang, Roni mengaku akan libur Lebaran sampai 15 April 2024. "Nanti sampai tanggal 15 April, jadi sekitar 10 hari liburlah begitu," kata Roni.

Selain itu, khusus di tahap ketiga pemeriksaan, bahan bakar sepeda motor para pemudik diperiksa dan kemudian disesuaikan volumenya agar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

"Jadi kita periksa volume bensinnya. Kalau penuh kan itu berpengaruh ke beban kapal, jadi kita sesuaiin. Yang kurang juga kita tambah begitu," kata Ali (42), yang menjadi salah satu panitia program mudik gratis tersebut.

Pada tahap pemeriksaan ketiga tersebut, kunci motor pada pemudik diikatkan oleh tali putih agar tidak jatuh sewaktu di dalam kapal. "Di pos tiga ini kita ikat juga kunci motornya pakai tali, biar enggak jatuh pas di kapal," kata Ali.

Baca juga: 17.994 orang tinggalkan Jakarta lewat Stasiun Gambir di H-5 Lebaran
Baca juga: Heru ingatkan masyarakat pastikan keamanan rumah saat mudik Lebaran


Kapal Dobonsolo yang akan memberangkatkan para pemudik beserta kendaraan mereka menuju Semarang pada Jumat (5/4/2024) sekira pukul 16.00 WIB dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Pelabuhan Tanjung Priok. ANTARA/Risky Syukur
Di sisi luar pelabuhan, Kapal Dobonsolo masih bersandar. Warna biru pada moncong dan putih pada badan kapal serta letaknya yang berada tepat di luar ruang tunggu penumpang membuatnya begitu mudah dikenali di antara kapal-kapal yang lain.

Adapun sejumlah sepeda motor yang telah melewati tahap keempat verifikasi telah dimasukkan ke kapal tersebut, sementara sepeda motor yang lain masih mengantre di proses verifikasi.

Hingga pukul 12.01 WIB, terdapat 592 dari 2.078 kendaraan mudik gratis yang telah melewati tahap "check-in" untuk keberangkatan tanggal 5 dan 7 April 2024.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024