Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) membuka posko layanan kesehatan gratis di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, untuk mendukung kenyamanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang mudik ke kampung halaman tahun ini.

“Masyarakat yang sedang mudik, silakan mampir. Selain layanan pemeriksaan kesehatan gratis, kami juga menyediakan fasilitas pijat relaksasi bagi pemudik,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.

Dia saat meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pulo Gebang, Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa posko mudik tersebut disediakan selama masa mudik Lebaran, yakni 5-9 April 2024.

Selain bisa memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dan fasilitas relaksasi berupa kursi pijat, di Posko Mudik BPJS Kesehatan, pemudik juga bisa mendapatkan layanan lain seperti konsultasi kesehatan.

Baca juga: Heru ingatkan masyarakat pastikan keamanan rumah saat mudik Lebaran

Selanjutnya terkait penyediaan obat-obatan i pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat hingga pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila ada pemudik yang perlu segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Para pemudik yang singgah di posko tersebut juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan jika melakukan pemeriksaan ketika sudah memasuki waktu buka puasa.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, jadi jangan sungkan untuk memanfaatkannya," katanya.

Baca juga: 17.994 orang tinggalkan Jakarta lewat Stasiun Gambir di H-5 Lebaran

Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam.

Ghufron menuturkan bahwa Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 mencapai 193 jiwa pemudik, padahal tahun lalu tercatat sejumlah 123 juta pemudik. Hal itu berarti terdapat peningkatan jumlah pemudik sekitar 70 juta jiwa.

“Karena itu, BPJS Kesehatan berupaya turut andil membantu kelancaran arus mudik dan arus balik tahun ini dengan menghadirkan Posko Mudik BPJS Kesehatan di sejumlah titik padat pemudik tersebut," katanya.

Di Posko Mudik Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Terpadu Pulo Gebang, tercatat sudah 12 pemudik yang memeriksakan kesehatannya hingga pukul 12.00 WIB.

Seorang pemudik bernama Marjudi yang akan melakukan perjalan ke Pati, Jawa Tengah, mengaku cukup terbantu dengan kehadiran posko milik BPJS tersebut karena ia jarang melakukan tes kesehatan.

Baca juga: Wanita diingatkan tak menahan kencing saat mudik demi cegah ISK

Selain itu, ia juga bisa menikmati fasilitas relaksasi sembari menunggu keberangkatan armada bus ke daerah tujuan mudik.

“Saya tadi lihat ada posko kesehatan jadi coba. (Cek) gula darah, tensi hasilnya tidak apa-apa, saya jarang cek (kesehatan). Ini bagus cuma dulu tidak ada, setahu saya hanya palang merah, BPJK baru ini setahu saya,” katanya.

Pemudik bernama Mistia Yuwaniningsekti menyampaikan bahwa ia mendapat informasi mengenai kehadiran posko BPJS dari agen PO bus yang menyarankan untuk menunggu jam keberangkatan sembari memeriksakan kesehatan.

“Sudah sering mudik dari sini, dulu tidak ada posko gini, ini baru tadi dikasih tau agen, ada di pintu 9 periksa saja gratis katanya. Sekalian sambil nunggu bus masih jam 3,” tuturnya.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024