Jakarta (ANTARA) - Komandan Regu Terminal Terpadu Pulo Gebang Bonari mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan unsur terkait, seperti TNI, Polri, BNPB, Dinas Kesehatan Dan Satpol PP, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru.

  "Semuanya sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait sedemikian rupa sehingga harapannya calon pemudik atau calon penumpang yang menuju ke kampung halaman atau sebaliknya itu merasa aman dan nyaman," ujar Bonari kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

  Bonari mengungkapkan salah satu persiapan yang dilakukan adalah mendirikan posko terpadu di terminal. Posko tersebut akan dijaga oleh petugas gabungan dari berbagai instansi.

  Lebih lanjut Bonari mengatakan Terminal Terpadu Pulo Gebang juga telah menyediakan sarana pendukung lainnya, seperti penginapan, pelayanan kesehatan, dan tempat ibadah.

  "Sarana penginapan itu untuk penumpang yang biasanya transit atau tiba di terminal terlalu cepat untuk berangkat terus ada juga yang sudah kemalaman untuk pulang ke rumah," ujar Bonari.

  Bonari mengatakan penginapan tersebut berukuran sekitar 3x2 meter dan dilengkapi fasilitas kasur, AC, serta kamar mandi di bagian luar.

  Bonari mengimbau kepada para pemudik untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat. Selain itu, ia juga meminta para pemudik untuk mematuhi peraturan dan menjaga protokol kesehatan selama berada di terminal.

  "Kami juga mengimbau kepada para pemudik untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan sesama selama berada di sini," kata Bonari.

  Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Jakarta Timur, jumlah penumpang bus AKAP mengalami peningkatan sejak 4 hari yang lalu atau 19 Desember 2023 dimana total jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang hingga pukul 20.00 WIB hari ini mencapai angka 14.975 penumpang.

  Puncak arus mudik jelang Natal di Terminal Terpadu Pulo Gebang diprediksi akan terjadi pada tanggal 23-24 Desember 2023. Sedangkan puncak arus mudik jelang tahun baru diprediksi akan terjadi pada H-3 atau pada tanggal 27 Desember 2023.


Baca juga: 53 ribu kendaraan tinggalkan Jakarta via Tol Japek pada H-2 Natal 2023
Baca juga: Jelang Natal, Pemudik di Kampung Rambutan melonjak hingga 1.444 orang
Baca juga: BPH Migas pastikan pasokan energi aman menjelang Natal-tahun baru


Pewarta: Arif Prada
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023