Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sembilan kapal dipersiapkan untuk melakukan patroli lingkar pulau di Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, saat Operasi Ketupat 2024 yang digelar 4-16 April 2024.

"Totalnya ada sembilan kapal yang siap operasi mengamankan situasi keamanan ketertiban masyarakat di daerah setempat," kata Kapolsek Kepulauan Seribu Utara, Iptu Yoyo Hidayat di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan, sembilan kapal itu terdiri dari dua unit kapal milik Polri, satu unit kapal kelurahan, satu unit kapal Basarnas, satu unit kapal Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), satu unit kapal Dishub, dua unit ambulan kesehatan dan satu kapal ambulans AGD.

Ia mengatakan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah sejumlah petugas sudah disebar di beberapa lokasi pos pengamanan Operasi Ketupat.

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 4.105 personel pada Operasi Ketupat 2024

Pos pengamanan Lebaran melalui Operasi Ketupat Jaya 2024 akan berlangsung selama arus mudik dan balik lebaran 2024 ini.

Menurut dia, ada dua pos yaitu di Pulau Pramuka dan Pulau Harapan. Setiap pos terdapat anggota Polri, Satpol PP, Basarnas, Dishub, Gulkarmat, Kesehatan, Kelurahan dan Sudin Parekraf.

Kepala Satpol PP Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Edi Syahrudi mengatakan bahwa personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat Jaya ini ada sebanyak 30 personel yang diterjunkan dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran.

"Seluruh pos tersebut kita ditempatkan personel sesuai tingkat kerawanan dan kepadatan. Termasuk memastikan seluruh sarana dan prasarana untuk mendukung pengamanan arus mudik di Kepulauan Seribu," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024