Jakarta (ANTARA) - Arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Ciawi Jalan Tol Jagorawi terpantau lancar pada H-5 Lebaran atau Jumat (5/4) pada masa mudik Lebaran 2024.

Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Ciawi hingga pukul 15.33 WIB terpantau lancar baik lalu dari arah Jakarta menuju Puncak, Jawa Barat serta begitu juga sebaliknya arus lalu lintas dari arah Puncak menuju Jakarta.

Selain didominasi kendaraan pribadi, tampak juga kendaraan truk dan bus melintas di Gerbang Tol Ciawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol Jagorawi.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi pada H-7 sampai dengan H-6 Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024 atau pada Rabu-Kamis, 3-4 April 2024. sebanyak 62.299 kendaraan, lebih rendah sebesar 2,67 persen dari lalu lintas normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024 yang jatuh pada besok Sabtu, 6 April 2024.

Diprediksi sebanyak 259 ribu kendaraan akan meninggalkan Jabotabek, naik 66,8 persen terhadap lalin Normal atau naik 0,03 persen terhadap Lebaran 2023.

Dalam rangka menghindari penumpukan kendaraan di tanggal yang diprediksi menjadi waktu puncak tersebut, Jasa Marga sekali lagi mengimbau agar pengguna jalan yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat mengatur waktu perjalanan dengan melakukan perjalanan mudik lebih dini serta hindari perjalanan di waktu favorit seperti sehabis waktu sahur dan berbuka puasa.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dinamis dari pihak Kepolisian. Aktif untuk perbarui informasi lalu lintas terutama cek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari Kepolisian.

Baca juga: Tol Cinere-Jagorawi siap layani pemudik Lebaran 2024
Baca juga: Jasa Marga kembali berlakukan contraflow di ruas Tol Jagorawi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024