Padang (ANTARA) - PT KAI Divre Sumatera Barat memprediksi jumlah penumpang kereta api pada libur Lebaran 2024 meningkat menjadi 112.823 orang atau naik 11 persen dibanding tahun 2023 yang mencapai 101.798 orang.

"Masa angkutan Lebaran tahun ini dimulai 31 Maret hingga 21 April 2024. Dalam masa itu diadakan posko Lebaran pada 5-21 April 2024. Kita memprediksi jumlah penumpang naik tahun ini," kata Vice President PT KAI Divre II Sumbar Sofan Hidayah di Padang, Jumat, saat memimpin apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di Padang.

Ia mengatakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada penumpang, seluruh jajaran KAI akan melaksanakan Posko Angkutan Lebaran guna memastikan operasional perjalanan kereta api aman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal.

“Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Lebaran,” kata Sofan.

Pada lebaran ini, KAI Divre II Sumbar telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Baca juga: KAI Purwokerto siagakan 68 petugas ekstra selama masa angkutan lebaran

Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

“KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran,” katanya.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran ini, KAI menambah 19 personel ekstra yang terdiri dari 16 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra dan tiga petugas daerah pemantauan khusus.

Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. KAI Divre II Sumbar menyiapkan 140 tenaga kamtib yang terdiri dari 22 Polsuska, 115 security, serta tiga eksternal (TNI/Polri).

"Sebanyak 13 lokomotif dan 11 kereta penumpang, tiga kereta pembangkit , dan satu set KRD yang siap dioperasikan guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan KAI," katanya.*

Baca juga: BNN Tanjungpinang tes urine ABK kapal penumpang angkutan Lebaran

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024