Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan tes urine terhadap kapten dan ABK kapal cepat angkutan Lebaran Idul Fitri 2024 di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Salah satu sasaran kegiatan tes urine kali ini ialah seluruh awak kapal penumpang antarpulau MV Lintas Kepri tujuan Tanjungpinang-Batam-Lingga. Satu-per satu dari mereka diminta menampung urine ke dalam wadah yang disediakan, untuk selanjutnya diperiksa oleh petugas BNN.

"Tes urine ini dilakukan secara acak terhadap kapal-kapal yang melayani angkutan mudik Idul Fitri di Pelabuhan SBP Tanjungpinang," kata Kepala BNN Tanjungpinang Kombes Pol Heryanto usai memimpin pelaksanaan tes urine di pelabuhan SBP, Jumat.

Baca juga: Pelni usahakan seluruh kapal tepat waktu di periode angkutan Lebaran

Ia menyebut tes urine bertujuan memastikan seluruh awak kapal bebas dari narkoba, sehingga memberikan rasa aman, nyaman dan keselamatan bagi penumpang kapal yang melakukan perjalanan mudik.

Selain itu, pemeriksaan urine ini juga jadi fokus dan atensi khusus BNN dalam rangka memutus peredaran narkoba di pusat ibukota Provinsi Kepri tersebut.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan urine terhadap tujuh awak kapal MV Lintas, seluruhnya menunjukkan negatif zat adiktif," ujar Kombes Heryanto.

Dia menambahkan bahwa BNN serta semua stakeholder yang tergabung dalam kegiatan posko terpadu pengamanan Idul Fitri 2024 mendukung penuh kegiatan arus mudik, terutama dalam rangka mewujudkan pelayanan transportasi mudik yang aman dan nyaman bagi para pemudik.

Kombes Heryanto turut menambahkan pemeriksaan urine secara acak juga bakal dilaksanakan BNN di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

"Kita ingin memastikan pihak-pihak yang melayani arus mudik ini bersih dari pengaruh narkotika," katanya menegaskan.

Baca juga: Menhub pastikan kelancaran angkutan Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk

Pewarta: Ogen
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024