saat mencapai puncak kepadatan, sistem kami tetap mampu menjaga kelancaran pelayanan dengan baik
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat sebanyak 2.260.360 orang menggunakan layanan kepelabuhanan perseroan di 63 terminal penumpang selama periode angkutan Lebaran 2024 pada 26 Maret-26 April.

Jumlah itu melonjak 8,99 persen dibandingkan pada periode yang sama di 2023 sebanyak 2,07 juta orang.

"Walaupun terdapat lonjakan pergerakan pemudik di 63 terminal penumpang Pelindo, penanganan arus mudik dan arus balik lebaran 2024 di seluruh terminal penumpang telah berlangsung dengan lancar dan aman. Bahkan, saat mencapai puncak kepadatan, sistem kami tetap mampu menjaga kelancaran pelayanan dengan baik," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Pelindo menilai kegiatan angkutan Lebaran 2024 yang terlaksana dengan lancar, aman, dan tertib, tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergi serta kerja sama dari seluruh instansi kepelabuhanan terkait pada saat melayani arus mudik dan arus balik.

"Terima kasih atas kolaborasi dan sinergi serta kerja sama yang sangat baik oleh masyarakat, TNI-Polri, Kemenhub, Kementerian BUMN, dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan angkutan Lebaran 2024 ini sehingga kenyamanan dan keselamatan pemudik terjamin," ujar Ardhy.

Pelindo mencatat hingga H+15 jumlah kendaraan yang telah menggunakan layanan kepelabuhanan di 63 terminal mencapai 212.527 kendaraan. Jumlah pengguna tertinggi terjadi pada H+3 Lebaran, di mana sebanyak 89.200 orang dan 5.284 kendaraan yang melewati terminal penumpang dan roro yang dikelola Pelindo.

Adapun selama arus mudik Lebaran 2024, terminal penumpang dengan jumlah pengguna terbanyak yang dilayani, yakni Terminal Penumpang Tanjung Perak, Jawa Timur sebanyak 271.980 penumpang; Tanjungpinang, Kepulauan Riau 237.913 penumpang, dan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau 135.808 penumpang.

Sementara itu, Pelabuhan Panjang, Lampung yang menjadi pelabuhan alternatif untuk mengurai kepadatan jalur penyeberangan Jawa-Sumatera melayani sebanyak 4.166 kendaraan dan 7.863 penumpang.

Pelayanan yang diberikan oleh Pelindo itu juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Saya bangga dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan unsur terkait atas koordinasi dan kerja nyata bersama sehingga mudik kali ini dapat berjalan dengan baik. Terima kasih kepada kementerian dan lembaga terkait yang mendukung secara intens sehingga kita semua bisa mengawal dan berkolaborasi dalam menjalankan tanggung jawab ini," kata Menhub.

Pada Lebaran 2024 ini, Pelindo turut memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan memberikan layanan seperti menambah ruang tunggu, musala, ruang laktasi, ruang bermain anak, ruang pelayanan Kesehatan serta menambah personel keamanan dan personel kebersihan.

"Saya memilih mudik bersama keluarga menggunakan jalur laut karena layanan di terminal penumpang Pelindo sudah bagus. Jadi, tidak menimbulkan kekhawatiran sama sekali" ujar Musdianto, salah seorang penumpang tujuan Batam.

Tak hanya dari penumpang, PT Pelni (Persero) selaku pelanggan langsung dari Pelindo juga menyambut baik atas pelayanan yang diberikan Pelindo.

"Layanan Pelindo khususnya Cabang Pantoloan selama angkutan Lebaran 2024 selalu sigap dan cepat tanggap. Tidak terjadi keterlambatan saat pelayanan dan kolaborasi yang terjalin membuat kami dari Pelni bisa memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi para pemudik," kata Kepala Cabang Pelni Palu ST Nafillah.

Baca juga: Pelindo tingkatkan koordinasi agar pelayanan arus balik optimal
Baca juga: Pelindo tambah luas "buffer zone" bagi pemudik di arus balik Lebaran
Baca juga: Kapal pesiar singgahi Bali pada periode libur Lebaran 2024 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024