Bandarlampung (ANTARA) - Pelindo Regional II Panjang akan menambah luas buffer zone sebagai tempat beristirahat bagi pemudik sepeda motor pada periode arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Panjang, Lampung.
 
"Pada periode arus balik Lebaran 2024, Pelabuhan Panjang akan melayani pemudik sepeda motor dan kendaraan lainnya. Untuk kesiapan sarana prasarana kami telah siapkan seperti tahun sebelumnya, dari loket tiket dan berbagai fasilitas lain salah satunya buffer zone," ujar General Manager (GM) Pelindo Regional II Panjang Imam Rahmiyadi di Bandarlampung, Kamis.
 
Dia mengatakan bahwa telah disiapkan pula lahan seluas 1,3 hektare untuk memfasilitasi pemudik sepeda motor beristirahat atau sebagai area buffer zone. Bila dikonversikan lokasi itu dapat menampung sebanyak 2.200 sepeda motor, serta untuk kendaraan roda empat yang dapat ditampung di lokasi tersebut sebanyak 350 kendaraan.

Baca juga: Dishub: Pelabuhan Panjang dapat tambahan kapal saat arus balik Lebaran
 
"Tahun ini buffer zone seluas 1,3 hektare tersebut akan ditambah lagi seluas 6.000 meter persegi, yang mampu menampung 900 sepeda motor. Tahun lalu ini difokuskan untuk menampung truk logistik, agar membantu kelancaran arus sembako tetapi tahun ini akan digunakan untuk memfasilitasi pemudik pada arus balik," katanya.
 
Dia menambahkan, fasilitas lain yang akan disiapkan bagi pemudik di arus balik Lebaran 2024 yakni akan disediakan tenda, operator ASDP dan pelayaran yang siap sedia membantu pemudik, ruang laktasi, toilet, dan klinik.
 
"Kenyamanan penumpang menjadi hal utama yang diperhatikan, dan berdasarkan pengalaman tahun lalu, maka fasilitas tahun ini akan disiapkan dengan baik juga," ucap dia.

Baca juga: Pelabuhan Panjang layani tiga kali perjalanan kapal saat arus milir
 
Selain itu, kata dia, juga akan ada pengaturan dan skema khusus bersama pihak terkait agar tidak terjadi penumpukan pemudik di dermaga Pelabuhan Panjang. Memang untuk jadwal keberangkatan kapal dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan akan menyesuaikan serta menunggu informasi dari operator ASDP.
 
Menurut dia, dengan adanya penyediaan fasilitas pendukung pelaksanaan arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Panjang diharapkan pemudik dapat terlayani dengan baik untuk melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga: Pelabuhan Panjang layani 854 pemudik selama arus mudik Lebaran
 
"Kami dari Pelabuhan Panjang siap memberi pelayanan terbaik di arus balik Lebaran 2024 bagi pemudik yang melalui pelabuhan ini Semoga semua bisa berjalan dengan lancar," ujar dia.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024