... siap diberangkatkan, pengumpulan bantuan di Filipina sendiri juga tengah berlangsung, hambatan utama adalah soal logistik karena bandara setempat rusak... "
Jakarta (ANTARA News) - Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana (AHA Center) bersama elemen lain ASEAN siap menggalang bantuan bagi Filipina yang dilanda bencana topan Haiyan.

"Dalam pekan ini, ASEAN menargetkan mendistribusikan sejumlah bantuan berupa genset, tempat penyimpanan portabel, dan ASEAN Family Kits yang diperlukan di Tacloban, Filipina," kata Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh, di Jakarta, Selasa.

Fokus bantuan jangka pendek ini pada penyediaan makanan dan air bersih. 

"Bantuan yang dikumpulkan di AHA Center siap diberangkatkan, pengumpulan bantuan di Filipina sendiri juga tengah berlangsung, hambatan utama adalah soal logistik karena bandara setempat rusak," kata Luong Minh.

Sebelumnya Sekjen ASEAN telah menawarkan bantuan kepada pemerintah Filipina dalam menangani korban bencana Hainan.

AHA Centre terus memantau pergerakan topan Hainan dan telah mengerahkan tim lapangan sebelum topan tersebut menghantam daratan pada 8 November lalu.

Sementara itu, setelah memporak-porandakan Filipina, topan Haiyan juga menghantam daratan Vietnam pada 10 November, yang disertai dengan hujan lebat dan angin kencang.

AHA Centre melakukan operasi rutinnya Jakarta, Indonesia.

Sesuai mandat dari Kesepakatan ASEAN terkait Manajemen Bencana dan Respon Darurat, pusat bantuan bencana itu juga penghubung regional bagi pemantauan dan analisis resiko bencana.

Juga menjalankan fungsi koordinasi respon kolektif anggota ASEAN terhadap bencana yang tengah melanda kawasan Asia Tenggara.

Pewarta: Panji Pratama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013