Kami telah mempersiapkan untuk menyambut pengunjung dalam rangka musim mudik Lebaran kali ini....
Tol Jagorawi, Jawa Barat (ANTARA) - Pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (Rest Area) Km 10A Tol Jagorawi siap mendukung arus mudik Lebaran pada tahun ini di Jalan Tol Jagorawi.

"Kami telah mempersiapkan untuk menyambut pengunjung dalam rangka musim mudik Lebaran kali ini seperti tahun-tahun sebelumnya kami menyiapkan yang pertama yang kita utamakan adalah pelayanan," ujar General Affair dan HRD Manager Rest Area Km 10A Budimansyah, di Rest Area Km 10A, Tol Jagorawi, Jawa Barat, Jumat.

Budimansyah juga menambahkan bahwa pihaknya menambah petugas keamanan dan kebersihan rest area dalam rangka mendukung momen Lebaran kali ini.

"Toilet-toilet juga kami tambah di mana toilet-toilet yang tadinya hanya untuk pelanggan tenant, kami ubah untuk menjadi fasilitas umum," katanya pula.

Terkait antisipasi kepadatan, Budimansyah mengatakan bahwa seperti pada tahun yang lalu, biasanya puncak keramaian di Rest Area Tol Jagorawi tersebut pada hari H Lebaran sekitar pukul 10.00 ke atas.

"Biasanya untuk pengunjung kami informasikan bahwa untuk istirahat hanya 30 menit," ujarnya.

Dan apabila, katanya lagi, terjadi antrean sampai dengan pintu rest area dan jalan utama Tol Jagorawi, pihak pengelola rest area melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Jasa Marga agar diberlakukan buka tutup di rest area.

"Biasanya nanti ketika mendekati hari H Lebaran akan ada posko keamanan dari kepolisian," kata Budimansyah.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB) memastikan 59 rest area dan dua rest area fungsional yang dikelolanya dapat mendukung kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/tahun 2024 secara prima untuk mewujudkan kenyamanan berkendara dan pengalaman mudik ceria penuh makna.

PT JMRB menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas dan pengaturan arus kendaraan masuk dan keluar rest area, termasuk juga memaksimalkan kapasitas kantong parkir kendaraan seiring dengan peningkatan arus lalu lintas di jalan tol pada periode arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H/tahun 2024.

Untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas di Rest Area Travoy yang juga berpotensi menyebabkan antrean ke jalur utama jalan tol, sesuai dengan diskresi kepolisian, pihaknya akan memberlakukan rekayasa buka-tutup rest area.
Baca juga: Polisi berlakukan buka tutup di rest area KM57 tol Jakarta - Cikampek
Baca juga: Pemudik rela antre tukar uang baru di rest area KM 57 Tol Japek

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024