Makassar (ANTARA) - BPJS Kesehatan membuka posko pelayanan kesehatan mudik guna mendukung kenyamanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang mudik menggunakan transportasi laut di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.

"Posko ini hadir setiap momentum mudik dan arus balik. BPJS Kesehatan merasa penting melihat momen di mana banyak sekali pemudik yang perlu dilayani saat mudik Lebaran tahun ini," ujar Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal seusai meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di pelabuhan setempat, Jumat.

Ia menyebutkan, sejauh ini cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan telah mencapai 96 persen, atau hampir seluruh rakyat Indonesia sudah dilindungi jaminan kesehatan, sehingga disadari bahwa mayoritas penumpang sudah terdaftar dan patut mendapat jaminan kesehatan.

"Makanya saat mudik seperti ini kita pantau, kadang kala ada kelelahan sehingga kita siapkan posko mudik supaya mereka bisa istirahat sejenak melepas lelah serta bisa berkonsultasi dengan dokter yang kami siapkan dibantu juga dari Kantor Kesehatan Pelabuhan," paparnya.

Posko mudik tersebut disediakan selama masa mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pada 5-9 April 2024. Masyarakat yang mudik dipersilakan mampir di posko untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis. Disediakan juga fasilitas pijat relaksasi bagi pemudik yang kelelahan.

Selain bisa memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dan fasilitas relaksasi, di Posko Mudik BPJS Kesehatan pemudik juga bisa mendapatkan layanan lain seperti konsultasi kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency atau darurat hingga pemberian rujukan bila diperlukan.

Layanan ambulans juga tersedia untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila yang bersangkutan harus segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Para pemudik yang singgah di posko tersebut juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan saat berbuka puasa.

“Posko Mudik BPJS Kesehatan ini beroperasi selama 24 jam penuh dan gratis, ada tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans,” kata Afdal.

Baca juga: BPJS Kesehatan buka posko pemeriksaan gratis untuk pemudik

Baca juga: BPJS buka posko di Terminal Pulo Gebang guna dukung kenyamanan pemudik


Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024