Alhamdulillah, lumayan banyak pesertanya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyebutkan program mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merupakan amanah dari Presiden RI Joko Widodo.

"Kami ini diperintah Pak Jokowi. 'Pak Menteri, nanti kalau pas Lebaran, dikasih juga mudik naik kapal'. Dan hari ini, Alhamdulillah, lumayan banyak pesertanya. Tadi saya juga naik ke atas, semua senang," kata Budi di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat,  saat melepas keberangkatan peserta mudik gratis yang akan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Budi juga meminta agar peserta mudik gratis bahagia dalam perjalanan sampai ke tempat tujuan.

"Nah, mudik kali ini, gratis, tapi doanya, mudik kali ini ceria. Nanti, kalau di kapal, harus senang, harus ceria ya. Setuju? Kalau gitu, itu bagian dari doa kita. Kalau aman, nyaman, ceria, itu jadi doa kita," ucap Budi.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa program mudik tersebut bertujuan untuk mencegah risiko kecelakaan di jalan darat.

"Kita harus melakukan ini karena amanah Pak Presiden, harus kita laksanakan dengan baik. Ini bagian dari pada kita menjalankan perjalanan dengan safety. Bahaya kan naik motor. Kalau naik motor, lumayan berisiko," tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi juga meminta para pemudik juga agar selalu hati-hati menuju rumah setelah sampai di Pelabuhan Emas Semarang nanti.

"Nah, dengan naik kapal laut, banyak yang Semarang, tapi ada yang ke Purwodadi, Pati, Solo dan ada yang di Klaten. Jadi, yang satu jam masih oke lah ya. Tapi, yang lebih dari satu jam, jangan memaksakan perjalanan. Kan ini sampai sana masih pagi ya, jangan buru-buru," kata Budi menegaskan.

Selain itu, ia juga meminta agar para orang tua menjaga anaknya dengan baik saat berada di dalam kapal.

"Kalau bawa anak, anaknya diperhatikan, jangan sampai mereka itu menderita. Bapak dan Ibu, tentu kita harapkan mudik gratis ini memberikan kebahagiaan untuk saudara-saudaraku yang tercinta, yang sudah ada di kapal," kata Budi berpesan kepada peserta mudik.
Baca juga: Kemenhub berangkatkan mudik gratis pakai kapal laut kurangi kepadatan
Baca juga: 200 lebih penumpang berangkat dari Terminal Tanjung Priok H-5 Lebaran
Baca juga: Ratusan sepeda motor diangkut dalam mudik gratis di Pelabuhan Priok


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024