Jakarta (ANTARA) - Tempat penitipan kucing dan anjing banyak dipesan oleh masyarakat yang hendak menitipkan peliharaannya sebelum melakukan perjalanan mudik menjelang perayaan Lebaran 2024, salah satunya jasa penitipan hewan PET+VET Animal Clinic di Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

"Untuk Lebaran seperti ini mereka (pemilik hewan peliharaan) sudah booking (pesan) sebulan sebelumnya dan ketersediaan ruangannya udah sampai full booked (penuh) hari ini," kata dokter hewan dari PET+VET Animal Clinic drh. Nathanya Rizkiani saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Tempat penitipan hewan yang mengusung konsep hotel untuk peliharaan dengan kapasitas 44 ekor anjing dan 54 ekor kucing itu telah banjir pesanan sejak satu bulan sebelum Lebaran.

Tanggal reservasi yang banyak dipilih masyarakat yakni pada rentang waktu satu minggu terakhir Ramadhan menjelang hari raya Lebaran dengan durasi penitipan antara satu minggu hingga satu bulan.

"Untuk pet hotel-nya itu biasanya sudah mulai booking dari bulan sebelumnya. Jadi, biasanya mereka sudah bertanya ketersediaan ruangan kemudian mereka akan booking," ujar Nathanya.

Baca juga: Pastikan hewan peliharaan dalam kondisi sehat sebelum dititipkan

Di luar masa libur Lebaran tingkat okupansi di PET+VET mencapai 60 persen, sedangkan saat Lebaran bisa melonjak hingga 95 persen.

Menurut sang dokter, kucing adalah hewan peliharaan yang paling banyak dititipkan di jasa penitipan itu.

Saat periode libur lebaran, PET+VET Animal Clinic mematok biaya jasa penitipan peliharaan seharga Rp185 ribu per hari dengan berbagai fasilitas di antaranya bilik kandang yang menyerupai kamar hotel, pemberian makan, pelayanan kesehatan, kolam renang, hingga jasa grooming (perawatan tubuh).

Nathanya mengingatkan sebelum dititipkan di tempat penitipan hewan peliharaan, pastikan hewan dalam kondisi sehat dan sudah mendapatkan vaksin lengkap serta obat cacing dan kutu.

"Hewan harus dalam keadaan sehat sebelum dititipkan, syarat pertama adalah harus vaksin lengkap. Jadi, bukan hanya vaksin sekali, tapi, harus vaksin lengkap hingga rabies. Dipastikan hewan sudah dapat obat cacing dan obat kutu sehingga tidak akan menularkan ke hewan lainnya," ujar dia.

Baca juga: Lima hotel yang ramah "anabul" untuk liburan akhir tahun

Baca juga: Rekomendasi dokter untuk jaga kesehatan "anabul" di kondisi berpolusi

Baca juga: Menghabiskan waktu bersama anjing tingkatkan konsentrasi belajar

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024