Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Sebanyak 52 ribu kendaraan dilaporkan telah bertolak meninggalkan Jabodetabek melintasi Jalan Tol Trans Jawa via Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama), Karawang, Jawa Barat pada Jumat malam, atau H-5 Lebaran Idul Fitri 2024.

Data volume lalu lintas harian yang dihimpun petugas Jasamarga Transjawa Tol melaporkan bahwa jumlah kendaraan tersebut diketahui meningkat sejak Jumat petang dengan jumlah sebanyak 24.336 unit.

Penambahan itu terpantau telah mengakibatkan timbulnya antrean kendaraan hingga mencapai sepanjang 300 meter yang mulai memadati akses keluar GT Cikatama sejak pukul 18.00 WIB - 20.43 WIB.

Antrean tersebut didominasi oleh kendaraan mobil pribadi dan bus AKAP pemudik Lebaran baik dari Jabodetabek dan Pulau Sumatera dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara untuk kendaraan yang datang dari arah Tol Cipali (Cikopo - Palimanan) dan masuk ke GT Cikatama menuju arah Jakarta hari ini dilaporkan melandai.

Bila sehari sebelumnya jumlahnya ada sebanyak 26.226 unit kendaraan yang menuju arah Jakarta, sementara pada malam ini hingga pukul 20.43 WIB tercatat hanya sebanyak 18.734 unit kendaraan yang melintas.

Peningkatan volume kendaraan telah diantisipasi oleh petugas Jasamarga Transjawa Tol dan Korps Kepolisian Lalu Lintas Polri dengan menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow.

Wakil Presiden Sekretaris Perusahaan dan Hukum PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo dalam keterangannya mengatakan bahwa penerapan contraflow dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Petugas melakukan contraflow mulai dari KM 70 sampai KM 55 Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 18.18 WIB.

Disebutkan bahwa contraflow diterapkan karena kondisi arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek memasuki Jumat malam ini mulai mengalami peningkatan.

Untuk itu, Ria mengimbau seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, dan memastikan saldo uang elektronik cukup.

Para pengguna jalan tol juga diminta untuk mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

Baca juga: Petugas sterilkan gerbang Tol Kalikangkung jelang jalur satu arah

Baca juga: PT JMTO: 28.701 kendaraan melintas di Tol Palikanci pada H-5 Lebaran

Baca juga: Polri berlakukan "contraflow" di Tol Cipali arah timur

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024