...Selain itu, dalam buku panduan ini juga ada informasi tempat pariwisata yang sudah kita capture dari berbagai wilayah hingga kuliner daerah sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi referensi wisata bagi para pemudik
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) memberikan buku panduan kepada peserta "Mudik Asyik Bersama PLN 2024" yang berisi informasi mengenai keamanan kelistrikan hingga tempat pariwisata dan kuliner.

"Buku ini akan memuat informasi agar kelistrikan rumah kita aman dan terhindar dari bahaya kelistrikan ketika ditinggal bepergian. Selain itu, dalam buku panduan ini juga ada informasi tempat pariwisata yang sudah kita capture dari berbagai wilayah hingga kuliner daerah sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi referensi wisata bagi para pemudik," kata Ketua Panitia "Mudik Asyik Bersama PLN 2024" sekaligus Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Gregorius mengatakan PLN pada Lebaran 2024 ini menyediakan 10.500 kuota bagi pemudik dengan moda transportasi bus, kereta api, dan kapal laut dengan titik keberangkatan tersebar di lima titik, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, dan Balikpapan.

Untuk titik keberangkatan dari Jakarta, PLN menyiapkan berbagai macam transportasi, di antaranya bus termasuk bus listrik, kereta api dan kapal bagi para pemudik. Tujuan akhir yang tersedia mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung hingga Sumatra Selatan.

"Hari ini 5 April 2024, PLN memberangkatkan moda transportasi secara serentak dari Jakarta dan Bandung dengan tujuan Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan yang terdiri dari 110 unit bus, dua unit bus listrik, di mana satu unit berada di Kantor Pusat PLN dan lainnya bergabung dengan kementerian di Monas. Kemudian 22 gerbong kereta api dan 1.425 seat untuk kapal," ujar Gregorius.

Program Mudik Bersama BUMN yang diselenggarakan PLN pun disyukuri oleh Nandar, seorang pemudik dengan tujuan Wonosari, Yogyakarta.

Ia mengatakan dengan adanya mudik bersama PLN ini sangat membantu dia dan istrinya untuk bisa mudik Lebaran tanpa sulit mencari tiket bus.

"Saya mendapatkan informasinya dari Instagram PLN dan kali ini saya berangkat berdua dengan istri. Ini kedua kalinya saya ikut, tahun kemarin sudah pernah ikut. Semoga PLN tahun depan ada lagi, sukses dan jaya selalu karena sangat membantu untuk yang berkeluarga," katanya.

Baca juga: Menteri ESDM minta PLN perbanyak SPKLU di jalur mudik
Baca juga: PLN imbau warga pastikan kondisi listrik di rumah aman sebelum mudik
Baca juga: PLN siagakan 4.782 personel jaga pasokan listrik saat Idul Fitri

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024