Jakarta (ANTARA) - Puncak arus mudik di Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara menuju sejumlah daerah diprediksi terjadi pada Sabtu (6/4).

"Prediksi kami memang puncak mudik terjadi hari ini dan besok pada Sabtu (6/4) karena itu waktu yang pas untuk pulang ke kampung halaman," kata staf Dinas Perhubungan Terminal Bus Tanjung Priok, Said M di Jakarta, Jumat malam.

Ia mengatakan pada hari ini total ada 53 bus yang berangkat dari Terminal Tanjung Priok dengan 678 penumpang.

Sementara untuk bus yang datang ada sebanyak 62 unit dengan membawa 285 penumpang.

Menurut dia bus dari Terminal Tanjung Priok ini memiliki sejumlah rute ada rute pendek, ada rute sedang dan rute panjang.

Untuk rute pendek, katanya ada ke Banten dan rute sedang ke Jawa Barat dan untuk rute jauh ke Jawa Timur bahkan ke Pulau Sumatera.

Selain itu pihak Terminal Bus Tanjung Priok juga melakukan pemeriksaan terhadap fisik kendaraan bus yang akan berangkat.

Menurut dia sejumlah bus yang datang akan diperiksa kondisi sebelum berangkat dan sejauh ini semua laik jalan.

"Kami juga memeriksa kesehatan sopir yang akan membawa penumpang dan ini bertujuan untuk keselamatan dalam perjalanan," kata dia.


Sebelumnya Kasi Operasional Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kasi Ops LLAJ), Ikhwan Purnama mengatakan sudah melihat terjadi peningkatan jumlah penumpang yang ada di Terminal Tanjung Priok pada hari ini.

"Adanya peningkatan ini membuat kami menurunkan personel melakukan pengawasan di lapangan agar mudik berjalan lancar," kata dia.

Baca juga: Petugas mulai menerapkan one way dari Cikampek hingga Kalikangkung

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024