Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Jumat (5/4) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Mensos: Bansos bentuknya tunai transfer, tidak ada dalam bentuk barang

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan bantuan sosial (bansos) yang dikelola oleh kementerian yang ia pimpin disalurkan dalam bentuk tunai (cash) yang ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat dan tidak ada dalam bentuk barang.

"Bahwa bansos di Kementerian Sosial itu bentuknya cash transfer. Jadi, tidak ada dalam bentuk atau natura. Jadi semua transfer ke rekening penerima manfaat, 100 persen," kata Risma dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 di Gedung I Mahkamah Konstitusi RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

2. Personel gabungan Operasi Ketupat Lodaya mulai bertugas pada Kamis

Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mengungkapkan bahwa 27.162 personel gabungan Polri, TNI dan Pemda dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024, sudah mulai bertugas Kamis (4/4).

Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo di Bandung, Jumat, mengatakan puluhan ribu personel gabungan tersebut bertugas untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik maupun balik Lebaran 2024, yakni periode tanggal 4 April-16 April 2024..

"Operasi Ketupat Lodaya 2024 ini dilaksanakan selama 13 hari, dimulai 4 April ini sampai dengan 16 April 2024 dan seluruh personel yang terlibat seluruhnya sudah mulai masuk ke seluruh Pospam di Jabar," kata Wibowo.

Selengkapnya klik di sini.

3. Empat menteri telah hadir di MK untuk memberikan keterangan

Empat menteri Kabinet Indonesia Maju telah hadir di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, untuk memberikan keterangan pada sidang lanjutan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Jumat.

Empat menteri yang dijadwalkan pemanggilan-nya itu adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Selengkapnya klik di sini.

4. Petugas terapkan "contraflow" di Tol Jakarta-Cikampek

Petugas menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow menyusul padatnya arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada H-5 atau 5 hari sebelum Lebaran 2024.

Ria Marlinda Paallo, VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, dalam keterangannya di Karawang, Jumat, mengatakan bahwa penerapan contraflow atas diskresi pihak kepolisian.

Pada pukul 18.18 WIB, petugas melakukan contraflow, mulai dari KM 70 sampai KM 55 Tol Jakarta-Cikampek.

Selengkapnya klik di sini.

5. Arief Hidayat jelaskan alasan MK tak panggil Jokowi

Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menjelaskan alasan MK tidak memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Arief mengatakan, MK tidak memanggil Presiden karena Jokowi adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

“Karena Presiden sekaligus kepala negara dan kepala pemerintahan. Kalau hanya sekedar kepala pemerintahan akan kita hadirkan di persidangan ini. Tapi, karena Presiden sebagai kepala negara, simbol negara yang harus kita junjung tinggi oleh semua stakeholder," ucap Arief di Gedung I MK RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024