Titik keberangkatan melalui Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng.
Denpasar (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Distrik Navigasi (Disnav) Tipe A Kelas II Benoa, Denpasar, Bali, mengerahkan empat kapal negara (KN) untuk melayani mudik gratis Lebaran 2024 menuju pulau-pulau di Madura, Jawa Timur.

“Titik keberangkatan melalui Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng,” kata Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Benoa Azhar Karim di Denpasar, Sabtu.

Dia menjelaskan empat kapal itu yakni KN Nusa Penida dan KN Mizan serta dua KN dari Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Tanjung Perak Surabaya dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Perak, Surabaya yang diperbantukan untuk memberangkatkan para pemudik.

Baca juga: Menhub melepas keberangkatan 9.600 pemudik gratis kapal laut

Keberangkatan pemudik dilaksanakan pada Kamis (4/4) dari Pelabuhan Celukan Bawang menuju Pulau Raas dengan menurunkan penumpang 64 orang pemudik oleh KN Mizan.

Kemudian pelayaran dilanjutkan menuju Pulau Sapeken dengan menurunkan 221 orang pemudik.

Azhar menambahkan jadwal selanjutnya untuk keberangkatan pemudik gratis rencananya pada Minggu (7/4) dan Senin (8/4) melalui Pelabuhan Celukan Bawang.

Rencananya, KN Nusa Penida berlayar menuju Pulau Raas dijadwalkan bertolak pukul 07.00 Wita membawa 150 orang pemudik.

Kemudian, KN Mizan juga disiagakan untuk mengangkut pemudik dari Celukan Bawang menuju Sapeken, Madura.

Selanjutnya, pada Senin (8/4) rencananya bertolak pukul 06.00 Wita oleh KN Masalembu dengan rute Pelabuhan Celukan Bawang menuju Pulau Raas dengan jumlah pendaftar mudik gratis mencapai sekitar 220 orang.

Baca juga: TNI AL siap buat rutin mudik gratis, termasuk buka rute pulau terluar

Selain itu, pada hari yang sama juga KN Chundamani menuju Pulau Raas yang rencananya mengangkut sebanyak 80 orang pemudik.

Ia menjelaskan pendaftaran angkutan mudik gratis itu dikoordinasi oleh masing-masing paguyuban pemudik.

Azhar menambahkan mudik gratis itu selain membantu meringankan biaya perjalanan, juga diharapkan memecah titik konsentrasi kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024