Sebanyak 59 titik panas ini terpantau sepanjang Jumat kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dari 167 titik pada Kamis (4/4) menjadi 59 titik pada Jumat (5/4).

"Sebanyak 59 titik panas ini terpantau sepanjang Jumat kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG)Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Sabtu.

Sebaran titik panas ini telah disampaikan ke pihak terkait seperti Masyarakat Peduli Api, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan tindakan sesuai prosedur.

Meskipun jumlah titik panas mengalami penurunan, namun ia mengimbau semua pihak tetap waspada dan saling mengingatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan.

Baca juga: BMKG deteksi titik panas di Kaltim bertambah, jadi 32

"Kewaspadaan perlu dilakukan karena sejumlah kawasan masih mengalami cuaca panas dalam beberapa hari berturut-turut, sehingga hal ini menyebabkan dahan, ranting, dan daunnya mengering yang rawan terbakar," ujar Diyan.

Ia menjelaskan sebanyak 167 titik panas yang terpantau pada Kamis lalu tersebar di tujuh daerah yakni di Kota Bontang (3), Kabupaten Paser (3), Penajam Paser Utara (5), Kutai Barat (45), Kutai Timur (69), Kutai Kartanegara (41), dan Kabupaten Berau (1).

Sedangkan 59 titik yang terpantau kemarin tersebar pada tiga kabupaten yakni Kutai Barat (35), Kutai Timur (13), dan Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau (11) titik, dengan rincian di Kutai Barat tersebar pada empat kecamatan yakni Barong Tongkok (1), Jempang (3), Muara Pahu (29), dan Penyinggahan (2).

Kemudian di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada tiga kecamatan yaitu Muara Ancalong (11), Muara Bengkal (1), dan Kecamatan Teluk Pandan (1). Sedangkan di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebar pada empat kecamatan yaitu Marangkayu (3), Muara Kaman (1), Muara Muntai (1), dan Kecamatan Tabang (5).

Baca juga: Sejumlah daerah panas beruntun, BMKG: Waspada 132 titik panas Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024