Hingga pukul 12.15 WIB, arus kendaraan baik mobil maupun motor melintas di Simpang Gadog menuju ke arah Puncak maupun sebaliknya melaju lancar.
Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Arus lalu lintas di area Simpang Gadog, Puncak, Jawa Barat,  terpantau lancar  pada H-4 Lebaran 2024,  Sabtu,.

Hingga pukul 12.15 WIB, arus kendaraan baik mobil maupun motor melintas di Simpang Gadog menuju ke arah Puncak maupun sebaliknya melaju lancar.

Lalu lintas kendaraan yang menuju Kota Bogor, Jawa Barat  di persimpangan tersebut juga tampak lancar.

Sejumlah posko pengaturan lalu lintas dan pengamanan berdiri di sekitar Simpang Gadog, untuk mendukung arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Baca juga: Puan minta pemerintah jaga infrastruktur digunakan pemudik 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024 yaitu sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa sebanyak 28,4 juta orang diproyeksikan meninggalkan kawasan Jabodetabek.

Dari angka tersebut sebesar 14,6 persen atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dan jika dibandingkan  2023 sebesar 45,8 persen atau 123 juta orang.

Baca juga: Jasa Marga dukung pengaturan lalin di GT Ciawi pada Hari H Lebaran

Sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan pemudik itu, Budi Karya Sumadi menyebut telah melakukan kolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam mempersiapkan dari sisi operasional dan regulasi dalam mengendalikan pengaturan lalu lintas moda transportasi.

Alasan masyarakat melakukan perjalanan mudik adalah sebagian besar untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman, kemudian sebagai tradisi mengunjungi sanak saudara di kampung, dan alasan lainnya untuk memanfaatkan waktu libur Lebaran untuk berkunjung ke tempat wisata.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024