Kapasitas parkir sebanyak 125 kendaraan mobil di Rest Area Tol KM 487 A Boyolali, kalau kondisi penuh rest area sistemnya buka tutup. Jadi pada Sabtu ini mulai buka tutup pada pukul 10.00 WIB hingga sekarang
Boyolali (ANTARA) - Petugas Pos Pengamanan (Pospam) sibuk melakukan sistem buka tutup kendaraan para pemudik yang masuk di Rest Area Jalan Tol KM 487 A Boyolali, Jawa Tengah, pada Sabtu atau H-4 Lebaran, karena ada peningkatan jumlah kendaraan yang masuk hingga lokasi parkir penuh.

Dari hasil pantauan di Rest Area Jalan Tol KM 487 A Boyolali atau Bale Nglaras, Kabupaten Boyolali, menunjukkan petugas Pospam sibuk mengatur pintu masuk buka tutup rest area karena kondisi parkir kendaraan yang sudah penuh.

Kepala Pospam Rest Area Tol KM 487 A Boyolali Iptu Suparmi mengatakan kondisi parkir di Rest Area Tol KM 487 A Boyolali dilakukan sistem buka tutup sejak Jumat (5/4), siang, hingga Sabtu ini, karena kendaraan pemudik yang masuk sudah penuh. 

"Kapasitas parkir sebanyak 125 kendaraan mobil di Rest Area Tol KM 487 A Boyolali, kalau kondisi penuh rest area sistemnya buka tutup. Jadi pada Sabtu ini mulai buka tutup pada pukul 10.00 WIB hingga sekarang," katanya. 

Baca juga: Kendaraan arus mudik masuk rest area Tol KM 487 A Boyolali meningkat

Ia mengatakan arus mudik sudah peningkatan mulai Jumat (5/4) siang atau H-5 Lebaran hingga sekarang, mengingat kendaraan dari barat atau Jakarta itu, bersamaan libur sekolah. 

Oleh karena itu pihaknya  sejak Jumat (5/4) siang melakukan sistem buka tutup hingga sekarang. Begitu lahan parkir mobil sudah mencapai 100 persen atau 125 unit kendaraan, jalan masuk rest area langsung ditutup sementara.

Selain itu petugas juga menempatkan anggota di pintu keluar rest area untuk mengantisipasi kendaraan yang parkir di luar pintu keluar, yang rawan memicu kecelakaan lalu lintas di lokasi itu.

"Untuk itu kami tempatkan dua personel di pintu masuk rest area dan dua personil di pintu keluar. Jika lahan parkir sudah mulai berkurang, maka pintu dibuka kembali untuk para pemudik," katanya.

Dia mengatakan jumlah pemudik yang masuk di rest area tersebut pada Sabtu ini meningkat dibanding hari sebelumnya. Pada Jumat (5/4) ada peningkatan jumlah kendaraan sekitar 25 persen dibanding hari biasa. Jumlah kendaraan pada Sabtu (6/4) ini ada kenaikan lagi sekitar 10 persen dibanding sebelumnya.

Baca juga: Pengelola tol antisipasi kepadatan di gerbang Boyolali dan Bawen

"Sabtu ini kami sudah sistem buka tutup rest area sejak pukul 10.00 WIB selama 30 menit. Kami imbauan pemudik boleh istirahat di rest area hanya selama 30 menit setelah itu, melanjutkan perjalanan lagi," katanya.

Ia memperkirakan lonjakan kedatangan pemudik di rest area Tol KM 487 A Boyolali pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4). 

Adapun fasilitas rest area tersebutantara lain mushala, tim kesehatan untuk menjaga pemudik yang sakit, bengkel, rumah makan, dan SPBU. Pemudik kebanyakan mampir di rest area ini untuk istirahat, ke toilet, dan shalat. Mereka kebanyakan membawa bekal makanan masing-masing, katanya.

Ia mengimbau pemudik mempersiapkan kendaraan mereka dengan baik sehingga tidak mengalami kerusakan di tengah perjalanan.  "Pemudik jika sudah merasa capai segera mampir ke rest area untuk istirahat, setelah itu baru bisa melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan," katanya.

Baca juga: Kakorlantas sebut kelelahan salah satu faktor penyebab kecelakaan

 
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024