Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen kembali bangkit dari performa yang kurang baik di balapan utama Grand Prix Australia dan hari pertama Grand Prix Jepang dengan mengamankan posisi pole dalam sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Internasional Suzuka, Sabtu.

Ini merupakan pole yang Verstappen raih untuk keempat kalinya secara berturut-turut pada Formula 1 musim 2024 setelah sebelumnya menjadi polesitter pada Grand Prix Bahrain, Grand Prix Arab Saudi, dan Grand Prix Australia.

Selain itu, ini juga merupakan posisi pole ke-36 sepanjang karier balap sang juara dunia tiga kali di Formula 1 itu.

Adapun pembalap Belanda itu mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit 28,197 detik, unggul tipis 0,66 detik saja dari rekan satu timnya Sergio Perez yang finis di posisi kedua.

Sementara, pembalap muda Lando Norris dari McLaren tampil kompetitif dan mengintai di belakang dua pembalap Red Bull tersebut dengan selisih waktu masing-masing 0,292 detik dan 0,226 detik dari Verstappen dan Perez.

Penampilan Verstappen di sesi kualifikasi ini seakan sudah bisa diprediksi sebelumnya setelah kembali keluar sebagai yang tercepat pada sesi latihan bebas terakhir yang bergulir tepat sebelum kualifikasi.

Berada di posisi keempat adalah pemenang Grand Prix Australia, dua pekan lalu, yaitu Carlos Sainz dari Ferrari yang memiliki margin 0,485 detik dari sang pemimpin balapan kali ini.

Baca juga: Sainz ingin segera dapat tim baru untuk musim 2025

Sementara, posisi enam besar diisi oleh pembalap veteran Fernando Alonso dari Aston Martin dan Oscar Piastri dari McLaren yang tengah merayakan hari ulang tahunnya.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton akan membagi barisan keempat bersama calon rekan satu timnya di Ferrari Charles Leclerc. Keduanya berada di depan George Russell (Mercedes) yang dijadwalkan diinvestigasi oleh stewards akibat insiden di pit lane Q1.

Sementara, pembalap lokal Yuki Tsunoda dari RB mengamankan posisi kesepuluh pada babak kualifikasi ini. Rekan satu timnya Daniel Ricciardo berada di posisi ke-11.

Balapan utama GP Jepang akan bergulir pada Minggu (7/3) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Verstappen sebut bisa saja pensiun usai kontraknya di Red Bull habis
Baca juga: Hamilton isyaratkan Vettel gantikan posisinya di Mercedes pada 2025


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024