Gresik (ANTARA) - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan pasokan listrik di seluruh nusantara andal saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Energi primernya aman, jadi stok batu bara di kami rata-rata 20-an hari," ucap Darmawan di Gresik, Jawa Timur, Sabtu.

Darmawan membandingkan dengan kondisi dua tahun lalu, di mana saat itu, ketersediaan batu bara untuk menyuplai kebutuhan listrik di Indonesia sangat menipis.

Bukan hanya stok batu bara, ia juga menyebut jika persediaan gas maupun bahan bakar minyak (BBM) milik PLN juga aman.

"Kondisi energi primer sangat aman, pembangkitnya aman, transmisinya aman dan kehandalan juga kami tingkatkan," katanya.

PLN telah membangun 2.700 posko di seluruh Indonesia dan mengerahkan lebih dari 81 ribu petugas agar pasokan listrik saat Idul Fitri bisa andal.

"81 ribu lebih personel itu berasal dari tim pembangkitan, tim energi primer, tim transmisi dan tim distribusi. Kami menugaskan petugas kami untuk bisa betul-betul melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Dengan persiapan tersebut Darmawan berharap perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 bisa berjalan aman dan lancar.

Sekedar informasi, rata-rata daya mampu pembangkit (DMP) pasokan listrik di Indonesia saat ini sebesar 51.350 megawatt, dengan beban puncak (BP) mencapai 32.749 megawatt yang diprediksi terjadi pada 1 Syawal 1445 Hijiriah.

Dengan kondisi ini maka PLN dipastikan memiliki cadangan listrik 18.602 Megawatt selama perayaan Idul Fitri 2024.

Baca juga: PLN siapkan 76 unit SPKLU di 30 lokasi sambut Lebaran di Bali 

Baca juga: PLN Bali siapkan listrik andal sambut Idul Fitri

Baca juga: Dirut PLN pastikan PLTU Paiton dalam kondisi prima

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024