Jakarta (ANTARA) -
Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menghadirkan Karya Bakti Lebaran 2024 untuk membantu dan melayani masyarakat yang melakukan mudik Lebaran.
 
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyampaikan kegiatan Karya Bakti Lebaran diharapkan menjadi wadah bagi para anggota Pramuka untuk belajar melayani masyarakat luas dengan sepenuh hati.
 
"Kita akan bisa merasakan bagaimana membantu orang lain. Itu juga adalah bagian dari nilai-nilai dalam kepramukaan yang harus dijunjung tinggi," kata dia.
 
Lebih lanjut Budi menjelaskan Karya Bakti Lebaran merupakan ajang pendidikan kepramukaan dalam bentuk bakti dan partisipasi nyata untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada anggota Gerakan Pramuka terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga: Anggota Pramuka ikut layani pemudik di Terminal Pulo Gebang

Salah satu pelayanan yang diberikan adalah memberi keamanan dan keselamatan bagi para pemudik. Para Pramuka akan ditempatkan di jalur-jalur arus mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024.
 
"Gerakan Pramuka harus bertekad dalam membangun generasi muda yang tangguh," kata dia.
 
Melalui Karya Bakti Lebaran 2024, lanjutnya, para anggota Pramuka di Tanah Air akan membantu petugas-petugas dan aparat kepolisian serta pemangku kepentingan yang berhubungan dengan arus mudik dan balik, baik di stasiun kereta, bis, pelabuhan, maupun bandara. 
 
Para Pramuka, lanjutnya, bisa pula membantu masyarakat, terutama memberikan informasi terkait layanan mudik.

Baca juga: Pramuka SMA 1 Arjawinangun bantu kawal mudik di Cirebon
 
"Ini merupakan salah satu bagian dari life skills yang bisa diaplikasikan melalui Program Karya Bakti Lebaran 2024 ini," ucap Budi.
 
Budi menyampaikan pula anggota Pramuka dididik untuk selalu semangat dan tangguh serta menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.
 
"Pramuka sejati harus tangguh dalam menghadapi segala tantangan, menggalang kepedulian terhadap sesama, bersedia berkorban, suka menolong, membantu meringankan beban keluarga, saudara, tetangga, dan masyarakat luas," kata Budi Waseso.

Baca juga: Pramuka bantu pelayanan mudik di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024