Jakarta (ANTARA) -
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melepas keberangkatan Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024 di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu, pada momen menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445.

Dia mengatakan mudik gratis menggunakan bus yang diadakan oleh Polri itu bertujuan ke empat daerah, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Menurutnya mudik gratis itu pun merupakan arahan Presiden Joko Widodo agar kegiatan mudik lebih aman dan lancar.
 
"Saya yakin dari kementerian lembaga yang lain pun juga menghadirkan hal yang sama, menghadirkan mudik gratis," kata Listyo saat konferensi pers usai melepas mudik gratis.
 
Dia melepas kegiatan mudik gratis itu bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Sebelum melepas, ketiganya pun melakukan pengecekan terhadap fasilitas kesehatan yang disediakan, serta mengecek kondisi pemudik di dalam bus.

Sebelum berangkat, menurutnya para sopir bus itu mengikuti pengecekan kesehatan guna memastikan para sopir itu bebas narkoba dan bebas alkohol saat mengemudi membawa para pemudik.
 
"Semuanya untuk memastikan agar pada saat membawa kendaraan semuanya dalam keadaan sehat dan tentunya rata-rata tadi kita menyapa pemudik semuanya berbahagia," katanya.
 
Sejauh ini, menurutnya mudik gratis yang diadakan Korps Bhayangkara itu sangat diminati oleh masyarakat. Sebelumnya, kata dia, masyarakat mendaftar untuk ikut mudik gratis tersebut melalui sistem online atau mendaftar ke kantor-kantor kepolisian.
 
"Kalau online itu sebentar langsung habis, ternyata banyak masyarakat yang berminat mudik gratis," kata dia.
 
Bila ada yang belum tertampung, dia memastikan Polri pun bakal berkoordinasi dengan lembaga-lembaga lainnya yang berpotensi masih menyediakan kursi untuk mudik gratis. Karena dia berharap mudik gratis bisa mengurangi beban kendaraan pribadi di jalur mudik.
 
Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengatakan bahwa mudik gratis oleh Polri itu juga digelar oleh 19 Kepolisian Daerah (Polda). Secara keseluruhan, Polri menampung sebanyak 58.350 penumpang untuk mudik gratis menggunakan bus.
 
Dia menjelaskan mudik gratis itu diadakan guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi pada saat momen mudik. Pada arus mudik-balik tahun 2023, tercatat ada sekitar 3.500 kecelakaan yang menewaskan sekitar 554 orang, selama 15 hari.
 
"Kapolri melepas mudik gratis ini, dengan harapan pemudik bisa selamat sampai tujuan, mudik aman lancar nyaman, mudik ceria dan penuh makna," kata Aan.

Baca juga: Kompolnas pantau pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 Polda Jatim

Baca juga: Polri: Arus mudik di Pelabuhan Merak terpantau lancar pada H-4 Lebaran

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024