Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, menurunkan tim pengurai kemacetan seiring antrean kendaraan warga dan pemudik yang mulai berbaur pada H-6 lebaran di sejumlah titik rawan macet di wilayah kota Cianjur yang berimbas ke jalan penghubung antar kota.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Muchtaromi di Cianjur Sabtu, mengatakan arus kendaraan warga dan pemudik yang sudah membaur menyebabkan antrean panjang pada pagi dan menjelang berbuka puasa di setiap jalan protokol Cianjur, sehingga tim diturunkan mengantisipasi macet total.

"Tim pengurai akan melakukan rekayasa arus agar lalulintas kembali lancar karena sejak dua hari terakhir, volume kendaraan terus meningkat, ditambah aktifitas warga semakin tinggi terutama menjelang berbuka puasa," katanya.

Rekayasa yang dilakukan selain mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif, pihaknya juga memberlakukan sistem satu arah bergantian, guna mencairkan antrean dan tidak menyebabkan macet total yang berimbas ke jalur luar kota seperti Jalan Raya Sukabumi dan By Pass, Cianjur.

Tim pengurai dengan sepeda motor, langsung melakukan berbagai upaya mencairkan antrean akibat tingginya volume kendaraan yang melintas di tambah kegiatan warga yang meningkat terutama yang mencari keperluan lebaran pusat perbelanjaan di tengah kota Cianjur.

"Memasuki H-6 lebaran, kendaraan warga dan pemudik sudah mulai membaur sehingga arus lalulintas di jalur utama dan protokol Cianjur cukup padat terutama saat petang, sehingga tim pengurai di siagakan untuk mengatur kelancaran arus," katanya.

Dia menambahkan seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur, menyebabkan antrean di sejumlah titik mulai dari Pasar Cipanas sampai dengan Jalan Raya Bandung-Cianjur tepatnya di Pasar Ciranjang, sehingga pihaknya memberlakukan sistem satu arah.

"Rekayasa yang dilakukan sifatnya situasional guna mencairkan antrean yang sudah mulai terjadi seiring tingginya volume kendaraan warga berbaur dengan pemudik berbagai tujuan," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur siapkan rekayasa lalu lintas antisipasi macet di Puncak

Baca juga: Dishub Cianjur catat volume kendaraan pemudik meningkat di H-7

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024