Kota Gaza (ANTARA) - Sebanyak tiga truk bantuan berisi bahan bakar, obat-obatan, dan pasokan medis pada Sabtu (6/4) memasuki Jalur Gaza utara melalui Jalan Salah al-Din, kata saksi mata kepada Anadolu.

Sumber medis Palestina menyatakan bahwa salah satu truk tersebut membawa bahan bakar, sementara dua lainnya membawa obat-obatan dan suplai medis.

Mereka menambahkan bahwa truk tersebut ditujukan ke Rumah Sakit Kamal Adwan dan Al-Awda di Kota Beit Lahia di Jalur Gaza utara.
Baca juga: Israel sepakat buka rute tambahan bantuan, setelah diperingati Biden

Sebelumnya masih pada Sabtu, ketiga truk disebutkan telah tiba melalui penyeberangan Beit Hanoun/Erez, namun, belakangan terungkap bahwa truk-truk tersebut tiba melalui penyeberangan Rafah di perbatasan Mesir.

Israel melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas yang dilakukan kelompok Hamas Palestina pada awal Oktober, menewaskan kurang dari 1.200 orang.
Baca juga: Tentara Israel sengaja tembaki warga Palestina yang kumpulkan bantuan

Lebih dari 33.100 warga Palestina sejak saat itu telah tewas dan lebih dari 75.800 lainnya luka-luka di tengah kehancuran massal dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya warga Gaza utara, berada di ambang kelaparan.
Baca juga: Bellingcat benarkan Israel sengaja targetkan pekerja bantuan di Gaza

Perang Israel telah memaksa 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kelangkaan akut bahan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur daerah kantong itu mengalami rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituding melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang pada pekan lalu memintanya untuk berbuat lebih banyak untuk mencegah kelaparan di Gaza.

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024