Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengajak pemuda Saireri yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk menjaga keutuhan NKRI.
 
"Sebagai pemuda yang tergabung dalam KNPI mari jaga keutuhan NKRI," ajak Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri saat bersilaturahim dengan pengurus KNPI dari lima kabupaten di Papua di Biak, Minggu.
 
Dikatakan, peran pemuda sangat penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan tetap menjaga keutuhan dalam bingkai NKRI.
 
Selain menjaga keutuhan NKRI, pemuda juga harus mendukung pemberantasan korupsi, agar daerah ini bebas korupsi sehingga pembangunan dapat benar-benar dirasakan masyarakat.
 
"Keutuhan NKRI dan pemberantasan korupsi itu yang harus selalu ditegakkan agar berbagai program pembangunan yang dilaksanakan tepat sasaran dan dirasakan masyarakat ," harap Irjen Pol Fakhiri.
 
Terkait penerimaan 2000 Bintara tahun 2024, Kapolda Papua yang didampingi Ketua KNPI Papua Benyamin Gurik menjelaskan penerimaan Bintara Polri itu diutamakan untuk pemuda asli Papua dan mereka yang lahir serta besar di Papua.
 
Bila ada keluarga pengurus KNPI yang ingin menjadi anggota Polri silahkan mendaftar dan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
 
Adapun persyaratan yang sudah ditentukan yaitu tidak mengidap virus HIV-AIDS, hepatitis,
paru, jantung dan cacat.
 
"Sedangkan terkait tinggi badan dan lainnya masih ada kebijakan karena mereka nanti akan ditugaskan kembali ke daerah asalnya atau daerah lainnya di Tanah Papua," jelas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.
 
Wilayah Saireri meliputi Kabupaten Biak, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024