Palangka Raya (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menyiagakan 227 personel guna memastikan keandalan kelistrikan selama momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kesiapan kesiapan teknis dan personel serta peralatan sudah 100 persen," kata Assistant Manager Bidang Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Palangka Raya Seno Pandu Ahmad, di Palangka Raya, Minggu.

Menurut dia, untuk memastikan keandalan kelistrikan selama momentum hari besar keagamaan ini, kesiagaan 227 personel didukung oleh empat posko di masing-masing Unit Layanan Pelanggan (ULP) di bawah UP3 Palangka Raya. Kemudian juga disiapkan 28 mobil dan tujuh motor.

Baca juga: PLN Pekalongan jaga keandalan listrik pada Lebaran 2024

Selain itu, PLN UP3 Palangka Raya juga menyiagakan peralatan cadangan berupa genset empat unit, UPS enam unit dengan daya 6 KVA, dan UPS dua unit dengan daya 40 KVA.

"Selain itu, juga ada Unit Gardu Bergerak (UGB) dan Unit Kabel Bergerak (UKB) untuk pemeliharaan, satu mobil skylit, dan satu mobil crane," kata Seno.

Team Leader Operasi System Distribusi PLN UP3 Palangka Raya Muhammad Nofarin saat mendampingi Seno menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan jaringan hingga ke KWH meter di 17 masjid prioritas.

"Bahkan, tim juga melakukan pemeriksaan terhadap jaringan instalasi listrik di 17 masjid tersebut. Tujuannya untuk memastikan instalasi memenuhi standar keamanan. Tim juga menyampaikan rekomendasi jika instalasi tidak sesuai standar," katanya.

Baca juga: PLN pastikan pasokan listrik andal saat Idul Fitri 1445 Hijriah

Nofarin menambahkan, pada hari H shalat Idul Fitri juga akan ada petugas yang siaga memastikan keandalan listrik di 17 masjid prioritas tersebut.

Masjid prioritas ini merupakan masjid besar yang menjadi pusat shalat Idul Fitri, seperti Masjid Raya Darussalam Palangka Raya dan Masjid Kubah Kecubung Palangka Raya.

Dalam rangka memastikan keandalan listrik dari ancaman gangguan yang disebabkan kondisi alam, UP3 Palangka Raya setiap hari juga melakukan deteksi dini serta pemetaan dan pemeriksaan terhadap potensi gangguan.

Baca juga: PLN sediakan 1.299 SPKLU pada mudik Lebaran 2024

"Dengan demikian, petugas lebih cepat tanggap terhadap segala perubahan kondisi di lapangan," katanya.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024