Kami belum berani menyimpulkan kemarin atau hari ini sebagai puncak arus mudik, karena Korlantas belum menginformasikan mengenai puncak arus mudik dari Jakarta
Banyumas (ANTARA) - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Kepolisian Resor Kota Banyumas Komisaris Polisi Galuh Pandu Ferdiansyah mengatakan arus kendaraan pemudik yang melintas di wilayah Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, hingga H-3 Lebaran 2024 masih terpantau ramai lancar.

"Secara umum dari pantauan di empat pos yang ada di Banyumas, arus mudik masih lancar," kata Galuh Pandu Ferdiansyah di Purwokerto Kabupaten Banyumas, Minggu siang.

Ia mengakui berdasarkan pantauan di Pos Terpadu Ajibarang pada Sabtu (6/4) malam hingga Minggu (7/4) dini hari terjadi peningkatan arus kendaraan dari arah jalur pantura menuju jalur selatan Jateng, namun masih ramai lancar dan tidak ada yang tersendat.

Menurut dia, arus kendaraan dari arah Cilacap maupun Lumbir/Bandung yang terpantau di Simpang Wangon, serta arus kendaraan di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kebumen yang terpantau di Pos Terpadu Sumpiuh pun masih lancar.

"Sementara di dalam Kota Purwokerto, arus kendaraan mulai ada peningkatan namun belum sampai mengakibatkan kemacetan, mungkin hanya tersendat," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan penghitungan yang dilakukan di Pos Terpadu Simpang Ajibarang, volume kendaraan yang masuk wilayah Banyumas pada hari Sabtu (6/4) tercatat sebanyak 50.062 unit, atau meningkat 44 persen dari hari Jumat (5/4) yang sebanyak 34.674 unit. Volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Banyumas sebanyak 25.921 unit, atau meningkat 27 persen dari hari sebelumnya sebanyak 20.410 unit.

Kendati demikian, dia mengaku belum bisa memastikan apakah puncak arus mudik yang melintas di wilayah Banyumas sudah terlewati atau kah belum terlewati.

"Kami belum berani menyimpulkan kemarin atau hari ini sebagai puncak arus mudik, karena Korlantas belum menginformasikan mengenai puncak arus mudik dari Jakarta," kata Kompol Pandu.

Sementara dari pantauan di Pos Terpadu Simpang Ajibarang pada Minggu (7/4) siang, arus kendaraan dari arah jalur pantura menuju jalur selatan Jateng itu terpantau ramai lancar.

Kendaraan dari luar wilayah Banyumas Raya (pelat nomor R, red.) yang mendominasi arus kendaraan itu berpelat nomor B disusul A dan F, baik mobil pribadi maupun sepeda motor.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024