Kami ingin masyarakat Lampung merasa aman dan nyaman dalam menggunakan listrik saat Ramadhan dan lebaran Idul Fitri tahun 2024
Bandarlampung (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Daerah Lampung siap mengamankan pasokan listrik di daerah setempat selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami berkomitmen dalam upaya memberikan pelayanan terbaik dan rasa nyaman bagi 2,6 juta pelanggan, terutama dalam masa Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah," kata General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo, Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa PLN akan terus memberikan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Terkait kondisi pasokan listrik di Lampung, Sugeng menjelaskan bahwa beban puncak subsistem Lampung mencapai 1146 Mega Watt (MW), sedangkan total daya mampu pembangkit di Lampung sebesar 1213 MW.

“Kami ingin masyarakat Lampung merasa aman dan nyaman dalam menggunakan listrik saat Ramadhan dan lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini, untuk itu kami pastikan seluruh personel, peralatan dan material pendukung lainnya selalu dalam kondisi siap dan prima,” terang Sugeng Widodo.

Ia berharap, pasokan listrik selama masa siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 H selalu dalam kondisi aman.

Sugeng Widodo mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, sebelum neninggalkan rumah agar memastikan instalasi listrik di rumah harus dalam kondisi aman.

"Tentunya keselamatan kelistrikan menjadi hal yang paling penting. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan instalasi listrik dalam kondisi aman dari bahaya kebakaran akibat konsleting atau arus pendek listrik," imbuhnya.

Senior Manager Distribusi PLN UID Lampung, Huslan Husain mengatakan sebanyak 1.125 personel yang terdiri dari 124 Petugas PLN dan 1001 Petugas Pelayanan Teknik disiagakan dan disebar ke 107 Posko Siaga.

Ia menambahkan bahwa PLN UID Lampung juga menyiagakan sebanyak tiga Tim Elit PLN yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), yang siap melaksanakan pekerjaan pemeliharan jaringan listrik tanpa padam.

Di masa siaga, PLN UID Lampung juga telah memetakan beberapa titik lokasi yang menjadi prioritas utama dalam pengamanan pasokan listrik.

"Sebanyak 106 masjid besar, 72 lokasi VIP/VVIP serta lokasi pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta dan terminal induk ditetapkan menjadi lokasi prioritas utama PLN dalam pengamanan kelistrikan pada periode siaga," ujarnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh pelanggan dalam hal percepatan penanganan keluhan atau gangguan kelistrikan, gunakanlah saluran resmi pengaduan PLN yaitu Call Center 123 dan Aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: PLN Lampung siagakan 1.146 personel guna pastikan listrik terjaga
Baca juga: PLN tambah 13 titik baru SPKLU di jalan tol Lampung

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024