Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten memberikan apresiasi Ditjen Hub Darat dari Kemenhub yang menyediakan program mudik gratis dan dapat dirasakan manfaatnya oleh ribuan masyarakat.

“Terima kasih untuk Kemenhub dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek yang telah memfasilitasi mudik gratis ini, Alhamdulillah masyarakat Kota Tangerang banyak juga yang merasakan manfaatnya,” kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin usai melepas ribuan pemudik pada momen Lebaran Idul fitri di Terminal Poris Plawad, Minggu.

Dalam kegiatan pelepasan ribuan peserta mudik gratis tersebut,  Nurdin didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Badan Kesbangpol Pemkot Tangerang.

Ia berharap kolaborasi dalam memberikan pelayanan yang aman dan nyaman khususnya saat mudik dapat terus dilakukan karena begitu besar dampaknya.

Baca juga: DPR RI: Mudik gratis tekan kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran

Ia menambahkan upaya memberikan fasilitas pelayanan angkutan mudik bagi masyarakat tentunya merupakan komitmen pemerintah pusat serta daerah karena sangat membantu masyarakat serta dapat meminimalisasi kepadatan kendaraan pada momen libur Lebaran tahun ini.

“Saya ucapkan selamat jalan, hati-hati di jalan, semoga selalu ceria disepanjang perjalanan, sesuai dengan tema mudiknya 'Mudik Ceria Penuh Makna' dan sampaikan salam kami kepada keluarga di kampung. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin,” katanya.

Program mudik gratis angkutan Lebaran 1445 hijriah tahun 2024 ini memberikan kuota mudik sebanyak 40.088 orang dengan 33 kota tujuan arus mudik dan 9 kota asal arus balik yang tersebar di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Jumlah peserta mudik gratis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di Kota Tangerang mencapai 3.400 orang, meningkat dari tahun lalu yang tercatat 3.048 orang.

"Peserta mudik gratis tahun ini meningkat dari 3.048 di tahun 2023 menjadi 3.400 orang di tahun ini," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Achmad Suhaely.

Baca juga: 3.840 warga ikuti mudik gratis Pemprov Jatim
Baca juga: LKBN Antara kembali gelar mudik gratis bersama BUMN

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024