Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah menegaskan bahwa tradisi pawai takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tetap dilaksanakan seperti yang sudah berjalan selama ini.

"Pawai takbir keliling tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Bustami Hamzah, di Banda Aceh, Minggu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) sempat menyatakan bahwa tradisi pawai takbir keliling Idul Fitri ini ditiadakan karena beberapa alasan mulai dari PON hingga ada pembangunan jalan.

Baca juga: Festival Ramadhan Aceh tawarkan konsep spiritual dan budaya

Namun, kebijakan tersebut mendapat kritikan dari berbagai pihak yang kecewa atas keputusan meniadakan tradisi tersebut. Hingga akhirnya Pemerintah Provinsi Aceh memutuskan untuk tetap menggelar tradisi pawai takbir Idul Fitri.

Bustami menyampaikan bahwa Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh akan menggelar kegiatan pawai takbir keliling di seputaran Kota Banda Aceh, dimulai setelah shalat Isya.

Direncanakan, rute pawai takbir dimulai dari jalan depan menara utama Masjid Raya Baiturrahman, selanjutnya menuju jalan depan Sinbun Sibreh, Simpang Kodim menuju Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape.

Baca juga: 29 santri Dayah Insan Qurani Aceh khatam hafal 30 juz selama Ramadhan

Setelah itu, rombongan pawai mengarah ke Simpang Lima dan berakhir di Masjid raya Baiturrahman Banda Aceh (arah Jalan Muhammad Jam).

Sementara itu, Kepala DSI Aceh Zahrol Fajri menyampaikan bahwa untuk malam lebaran nanti, pawai takbir keliling dengan mobil hias dan pejalan kaki.

"Diperkirakan malam Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 9 April 2024. Pawai takbir itu juga bagian dari mensyiarkan Idul Fitri serta melestarikan budaya selama ini," ujar Zahrol Fajri.

Baca juga: Dewan Dakwah salurkan bantuan sembako bagi warga kurang mampu di Aceh

Diberitakan sebelumnya, pawai takbiran tidak dapat digelar sehubungan dengan adanya program strategis nasional yang akan berlangsung di Aceh yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Selain itu, pawai menyambut Idul Fitri tahun ini ditiadakan juga karena kondisi jalanan di wilayah Banda Aceh yang sedang dalam perbaikan oleh dinas setempat.
 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024