Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, menggelar Safari Ramadhan di kawasan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) tepatnya di Masjid Al Hijrah, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Distrik Muara Tami, Minggu.

"Safari Ramadhan merupakan agenda rutin pemerintah daerah selain untuk menjalin silaturahim juga untuk memupuk kebersamaan serta persatuan dan kesatuan bangsa," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Minggu.

Baca juga: Pemkot Jayapura gelar festival Port Numbay di Kampung Skouw

Menurut Pekey, dengan dilaksanakannya Safari Ramadhan di kawasan perbatasan diharapkan masyarakat setempat semakin memperkuat kebersamaan dan meningkatkan keimanan demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hal ini juga sebagai bukti pemerintah ada di tengah-tengah masyarakat yang ada di kawasan perbatasan RI-PNG," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap seluruh umat Islam di kawasan perbatasan bisa bersama-sama dengan pemerintah daerah setempat maupun pihak keamanan setempat untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman selama bulan Ramadhan.

Baca juga: Pemkot Jayapura jadikan kawasan perbatasan sebagai wisata unggulan

"Ramadhan merupakan momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta saling berbagi dengan sesama sehingga tercipta rasa persaudaraan untuk mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Dia menambahkan bahwa dalam setiap Safari Ramadhan pihaknya juga memberikan bantuan hibah berupa uang tunai kepada pengurus Masjid Al Hijrah guna menunjang pembangunan infrastruktur yang ada di masjid tersebut.

Baca juga: Umat beragama Kota Jayapura diajak jaga kerukunan di bulan Ramadhan

"Kami juga berpesan agar semua umat di daerah itu menghargai satu dengan yang lain dan tetap menjalin toleransi antarumat beragama," ujarnya.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024