Kami akan mengajak masyarakat untuk melihat langsung cara togok sagu secara tradisional kemudian juga secara modern di pabrik sagu
Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Papua akan menggelar festival Port Numbay yang dilaksanakan di tiga kampung yakni Kampung Skouw Sae, Skouw Yambe dan Skouw Mabo pada 21-23 Juni 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Senin, mengatakan dalam festival Port Numbay 2023 yang mengusung tema "Eksplore Skouw" pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Pertanian setempat karena ada kegiatan togok sagu di Kampung Skouw Yambe.

"Kami akan mengajak masyarakat untuk melihat langsung cara togok sagu secara tradisional kemudian juga secara modern di pabrik sagu," katanya.

Menurut Matias, venue utama dari festival Port Numbay berada di Kampung Skouw Mabo di mana kegiatan utamanya ialah pertunjukan permainan tradisional rakyat dan juga makan kelapa muda.

"Kemudian nanti di Kampung Skouw Sae ada kegiatan camping ground dan selancar bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Selancar Indonesia Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan festival Port Numbay merupakan side event dari kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang berlangsung pada 21-24 Juni 2023.

Dia menambahkan pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk sama-sama bisa mengikuti festival Port Numbay, sekaligus juga mengunjungi Kampung Skouw

"Kami juga akan mengarahkan agar peserta APEKSI menanam di Kampung Skouw sebagai tanda mata," katanya.

Baca juga: Pemkot Jayapura terus tinjau penggunaan anggaran setiap OPD

Baca juga: Berdayakan kader, penyebaran malaria di Kota Jayapura terus ditekan

 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023