Denpasar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali membantu sambungan listrik gratis bagi 50 keluarga kurang mampu melalui program Light Up The Dream (LUTD) di wilayah Bali.
 
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Bali, Minggu mengatakan, dari 50 keluarga yang mendapatkan bantuan penyambungan listrik tersebut, 44 keluarga diantaranya berada di Bali Utara khususnya Singaraja dan Jembrana.
 
Ia menjelaskan bantuan penyambungan listrik gratis itu, murni berasal dari donasi pegawai PLN yang bertujuan meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mewujudkan cita cita mendapatkan listrik.
 
“Perusahaan telah memiliki program TJSL dan kami sebagai pegawai yang sudah banyak mendapatkan manfaat, secara pribadi menyisihkan pendapatan untuk masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini masyarakat yang belum memiliki listrik,” ujarnya.
 
Menurut Udayana, PLN sudah berkomitmen untuk mewujudkan tidak ada masyarakat di Bali yang tidak mendapatkan listrik. Pihaknya berharap listrik ini bisa memberi manfaat untuk masyarakat.

Baca juga: PLN Lampung sambung listrik gratis untuk keluarga prasejahtera
 
“Paling tidak saat malam sudah dapat menikmati penerangan. Atau bisa mengetahui dunia luar lebih bagus lagi karena adanya televisi dan sebagainya,” kata Udayana.
 
Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Penjabat Bupati Buleleng I Ketut Lihadnyana menyampaikan apresiasinya atas program penyambungan listrik gratis dari PLN.
 
Menurut dia, listrik menjadi kebutuhan vital masyarakat yang memberikan dampak begitu luas.
 
Ia berharap dengan penyambungan listrik itu bisa membantu proses belajar anak-anak, menurunkan angka kriminalitas dalam artian menekan resiko pencurian listrik hingga menumbuhkan UMKM.
 
“Sesuai namanya Light Up The Dream yaitu nyalakan mimpi memiliki suatu ekspektasi dampak yang luas,” katanya.
 
Menurut Lihadnyana, program itu bisa dikolaborasikan saat ada program bedah rumah dari Pemerintah Daerah, dari segi kelistrikan bisa dibantu oleh PLN.

Baca juga: Lewat LUTD, PLN Sumut sambung listrik gratis 244 warga saat Ramadhan
 
Sementara itu, salah seorang penerima sambungan listrik gratis I Nyoman Buda Artana turut mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan.
 
Pria asli Desa Nagasepaha, Buleleng itu mengaku sudah lama memimpikan memiliki listrik sendiri yang selama ini menempel dengan tetangga.
 
“Akhirnya mimpi saya akan punya listrik tercapai. Sebelum punya listrik masih nempel di tetangga, makanya mimpi ingin memiliki listrik sendiri dan PLN membantu mewujudkan mimpi saya, terima kasih PLN,” katanya.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024