Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Lebih dari seribu penumpang angkutan mudik gratis telah tiba di Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo, Jawa Timur yang puncaknya diyakini terjadi pada hari ini, Minggu (7/4).

"Sampai hari ini sudah lebih dari 15 armada bus yang digunakan sebagai angkutan gratis, kebanyakan dari arah Surabaya," kata Kepala Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo, Purwanto di Ponorogo, Minggu.

Dari Ibukota Jawa Timur ini, lanjut dia, Pemprov dan Jasa Marga menyiapkan 20 unit armada bus untuk angkutan gratis untuk warga Ponorogo di Surabaya dan sekitarnya yang ingin mudik ke daerah asalnya.

"Tahun ini ada 20 bus, dari Pemprov Jawa Timur ada 17 unit dan tiga unit dari Jasa Raharja," kata Purwanto.

Purwanto mengatakan H-3 lebaran ini menjadi puncak arus mudik untuk di terminal Seloaji.

Sebab selain mudik gratis dari Pemprov Jatim juga akan ada kedatangan dari Jakarta yang berjumlah sekitar delapan armada.

"Jakarta juga ada kemungkinan nanti malam tiba di Ponorogo, menurut jadwal ada delapan armada yang akan tiba," kata Purwanto.

Selain itu, diperkirakan jumlah pemudik yang akan turun di Terminal Seloaji Ponorogo mencapai 7 ribu penumpang, dimana angka tersebut naik sekitar 208 persen dari hari biasanya yang berkisar di angka 2 ribu hingga 3 ribu penumpang.

"Armada juga naik 40 persen atau sekitar 220 armada. Tapi memang yang mendominasi dari AKDP wilayah Surabaya," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024