Realisasi total penerbangan ekstra sepanjang masa posko angkutan 3-6 April sudah mencapai 43 penerbangan, jadi kurang lebih 14 persen dari total pengajuan
Badung (ANTARA) - Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat dalam empat hari pertama arus mudik Lebaran 2024 sudah ada 43 penerbangan tambahan rute domestik yang terealisasi atau 14 persen Dari total pengajuan.

“Realisasi total penerbangan ekstra sepanjang masa posko angkutan 3-6 April sudah mencapai 43 penerbangan, jadi kurang lebih 14 persen dari total pengajuan,” kata General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan.

Handy di Kabupaten Badung, Minggu, mengatakan, pengajuan penerbangan ekstra untuk rute domestik ini terus bertambah, dari semula 216, naik menjadi 282, dan kini mencapai 299 pengajuan.

“Ini bertambah terus karena dinamis ya, jadi kami selalu buka, biasanya kalau maskapai melihat suatu rute overbooked artinya ada kesempatan,” ujarnya.

Sejak awal menerima pengajuan, terdapat lima maskapai yang hendak menambah penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam periode Lebaran 2024 3-18 April.

Maskapai tersebut adalah Indonesia Air Asia, Citilink Indonesia, Lion Air, Super Air Jet, dan Wings Air, dengan rute paling diburu yaitu Cengkareng Jakarta, Surabaya, Makassar, Solo, Yogyakarta, dan Lombok.

Pada puncak arus mudik hari ini, Handy belum mencatat realisasi dari tiap maskapai yang mengajukan penambahan, namun dari koordinasi sementara ada 11 penerbangan ekstra.

Diketahui dari keseluruhan rencana penerbangan ekstra, umumnya yang terealisasi hanya 50 persennya, namun belum dapat dipastikan pihak bandara untuk tahun ini karena lonjakan penumpang sudah melewati prediksi.

Handy mengatakan, sejak awal memprediksi pada hari keempat arus mudik total pengguna transportasi udara yang dilayani sebanyak 65.000, namun realisasinya lebih tinggi yaitu mencapai 72.402 penumpang.

Situasi pada Sabtu (6/4) itu menunjukkan pergerakan yang melebihi prediksi, bahkan dalam sehari terealisasi 19 penerbangan ekstra, sehingga pada puncaknya hari ini juga diperkirakan akan melebihi estimasi.

“Nah hari ini rencananya kami perkirakan 68.899 orang penumpang dilihat dari reservasi tiket dan proyeksi sebelumnya, perkiraan kami akan lebih tinggi dari estimasi itu dari prediksi 68 ribu perkiraan sampai 74 ribu,” ujarnya.

Terhadap adanya penerbangan tambahan dan situasi kepadatan di terminal domestik bandara, Handy belum mengatakan apakah kondisi ini berpengaruh terhadap keterlambatan penerbangan.

Saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai masih mendata catatan penundaan penerbangan, tetapi yang pasti menurut Handy penundaan bisa terjadi karena faktor cuaca dari bandara lain karena saling terpengaruh.

Bandara sendiri saat ini memiliki posko angkutan Lebaran, sehingga apabila penumpang mengalami kendala maka dapat menghampiri posko yang buka 24 jam penuh.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai catat penumpang arus mudik lebih dari estimasi
Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai petakan kemacetan lewat data penumpang
Baca juga: Bandara Bali: Lebih banyak wisdom datang daripada pemudik keluar
Baca juga: Bandara Ngurah Rai mulai menyiapkan rute perdana dari Abu Dhabi

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024