“Bantuan kepada terdampak banjir tentu akan menularkan kebahagiaan kepada masyarakat terdampak banjir dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri,”
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan Bangsa Partai Keadilan Bangsa (PKB) dan Dewan Pimpinan Wilayah Perempuan Bangsa (DPW) PKB Jawa Tengah memberikan bantuan bahan pokok kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu.
 
Dilansir dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, Ketua DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah mengatakan warga terdampak tetap membutuhkan uluran tangan meski bencana banjir telah berlalu, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari.
 
“Bantuan kepada terdampak banjir tentu akan menularkan kebahagiaan kepada masyarakat terdampak banjir dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri,” kata Siti.
 
Pembagian yang digelar di Gedung IPHI Kecamatan Karanganyar itu dipimpin oleh Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Ida Nur Sa’adah. Dalam kesempatan tersebut, dibagikan pula zakat maal dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk sekitar 1.000 orang penerima manfaat.
 
Ida menyampaikan keprihatinan sekaligus bersyukur musibah banjir di Demak, khususnya di Karanganyar, sudah teratasi. Menurutnya, musibah banjir kali ini terjadi secara merata.
 
“Tak hanya banjir bandang karena jebolnya tanggul sungai, akan tetapi juga banjir rob yang rutin terjadi di kawasan pesisir,” kata dia.
 
Ia pun berharap pemerintah tidak hanya berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur jalan, namun juga memperhatikan pembangunan infrastruktur pertanian dan fasilitas-fasilitas yang merakyat seperti perbaikan irigasi pertanian, penguatan tanggul sungai, serta menormalisasi sungai dari hulu hingga hilir.
 
Diketahui, sejak bulan Februari lalu, Demak dilanda bencana banjir yang juga diperparah dengan jebolnya enam tanggul di aliran Sungai Wulan yang berada di perbatasan antara Kabupaten Demak dan Kudus.
 
Kemudian, pada 28 Maret 2024, BNPB menyatakan kondisi Kabupaten Demak Jawa Tengah mulai kondusif yang dibuktikan setelah semua pengungsi banjir Demak yang berjumlah mencapai lebih dari 17 ribu orang itu sudah kembali ke rumah masing-masing.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024