Batam (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim, Kepulauan Riau menyebutkan sebanyak empat unit pesawat berbadan besar (airbus) melayani arus mudik Lebaran 2024.

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Senin mengatakan untuk hari ini terdapat empat unit pesawat airbus dari maskapai Lion Air.

Ia memperkirakan pada hari ini, Hang Nadim Batam akan melayani sekitar 18 ribu penumpang.

"Setiap hari (jumlah penerbang) berbeda-beda penerbangan. Jadi ada yang 132 penerbangan, 118 penerbangan sampai 120 penerbangan tergantung permintaan," ujar Pikri.

Sebelumnya pada puncak arus mudik (6/4) terdapat delapan pesawat airbus dari Garuda Indonesia dan Lion Air yang melayani momen mudik Lebaran.

Ia menyampaikan total penumpang per hari dengan rata-rata 18 ribu orang, dan yang tertinggi pada puncak arus mudik 6 April mencapai 20 ribu.

Pikri mengimbau para pemudik untuk melakukan cek in online sebelum keberangkatan guna mengatasi penumpukan penumpang di ruang tunggu keberangkatan pada puncak arus mudik Lebaran.

Ia menyebutkan seluruh maskapai sudah memiliki fasilitas untuk melakukan cek in online.

"Kalau dilihat di konter hanya 1-2 penumpang yang belum melakukan online cek in atau mungkin tidak punya fasilitas atau hal-hal yang lain mungkin, seperti ada yang hamil atau membawa anak-anak. Selebihnya semua menggunakan online cek-in," ujar Pikry.

Ia menyebutkan hampir 95 persen penumpang sudah melakukan online cek-in pada saat momen Lebaran.

"Sehingga proses cek-in lebih cepat walaupun ada antrean tapi cepat sekali," kata dia.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024