Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melakukan kerja sama dengan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di bidang pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat.

“Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam lingkup perguruan tinggi di Maluku pada umumnya,” kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Baca juga: Unpatti-Kedubes Belanda jajaki kerja sama pengembangan pendidikan

Menurut Freddy, sebagai kampus orang basudara, Unpatti siap mendukung UKIM dalam mengembangkan tri dharma perguruan tinggi termasuk rencana membuka program studi sarjana maupun magister.

“Hal ini untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan membangun ruang-ruang diskusi terkait penelitian bersama yang berkelanjutan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sedang menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi lain dengan berbagai latar belakang di Maluku serta dengan pemerintah daerah.

Baca juga: Unpatti-Vrije Universiteit Amsterdam kerja sama tingkatkan pendidikan

“Tentunya serangkaian kerja sama yang kami upayakan ini untuk menghasilkan kualitas pendidikan yang lebih baik di Maluku, karena semakin banyak kompetitor maka daya saing akan semakin baik pula. Kita akan tumbuh bersama dan berkompetisi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UKIM Hengky Hetharia mengapresiasi kerja sama yang terjalin tersebut terutama terkait dukungan Unpatti sebagai kampus negeri yang ingin membantu mengembangkan perguruan tinggi lainnya khususnya UKIM.

“Hubungan kerja sama antara Unpatti dan UKIM telah dilegitimasi melalui penandatanganan nota kesepahaman dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpatti dengan pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya serta sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan,” kata dia.

Baca juga: KLHK-Unpatti kerja sama studi potensi SDA Maluku

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan menjajaki kerja sama antara Fakultas Kesehatan UKIM dan Fakultas Kedokteran Unpatti terkait pemanfaatan tenaga pendidikan dan sarana prasarana.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024