Jakarta (ANTARA) - Google tengah mengerjakan mode "desktop" yang ditingkatkan untuk sistem operasi generasi terbaru yaitu Android 15.

Sebelum membahas lebih jauh tentang mode desktop di Android 15, mari mengenal mode ini lebih dahulu. Biasanya orang-orang bakal mengingat layanan DeX dari Samsung atau Ready dari Motorola saat membincangkan mode desktop di perangkat Android.

Padahal sebenarnya mode desktop juga tersedia di Android Open Source Project (AOSP). Mode ini tersembunyi dan memang lebih banyak dikenal oleh pengembang aplikasi atau developer untuk bisa mengakses kode sumber Android.

Baca juga: "Google Lens" kini muncul di halaman depan Google, ini fungsinya

Fitur ini sudah ada sejak hadirnya Android 10 dengan layanan yang sederhana dan biasanya pengembang menggunakannya untuk menguji aplikasi mereka dalam skenario multi tampilan.

Mode desktop terus mengalami peningkatan, meskipun lambat, dan kini dapat dengan mudah menangani mode berdampingan dengan dua aplikasi di layar.

Kali ini di Android 15 tampaknya Google mau membawa peningkatan untuk mode desktop tersebut.

Dalam Android Authority terdapat temuan baru pada versi beta Android 14 QPR3 2.1 yang mungkin saja jadi cikal bakal fitur di Android 15.

Baca juga: WhatsApp bawa panggilan suara dan video ke desktop tahun depan

Dalam versi tersebut, Android menawarkan beberapa opsi untuk menghadirkan multi tampilan. Pertama opsi layar penuh, lalu opsi layar terpisah, atau opsi multi tampilan dalam bentuk bebas.

Untuk mode bebas artinya pengguna bisa menyeret dan menyesuaikan ukuran aplikasi di layar sesuai dengan keinginannya.

Ada juga fitur “Snap to edge”, memungkinkan pengguna untuk menjepret jendela aplikasi ke bagian kiri atau kanan layar.

Pengguna bahkan dapat melewati seluruh menu dan beralih dari aplikasi layar penuh langsung ke tampilan bentuk bebas hanya dengan menahan dan menyeret pengendali baru di atas aplikasi layar penuh. Untuk memahami lebih lanjut penjelasan di atas berikut anda bisa melihat videonya.

Baca juga: Chrome tambahkan opsi ekspor kata kunci di desktop





Peningkatan produktivitas dan kegunaan yang besar ini kemungkinan akan hadir bersamaan dengan Android 15.

Besar kemungkinan mode desktop ini menjadi salah satu fitur yang diunggulkan sebagai bagian dari Pixel 9 yang mungkin dirilis di musim gugur 2024. Demikian dilaporkan oleh GSM Arena, Minggu (7/4).


Baca juga: Google Meet rilis fitur kustom latar belakang untuk desktop

Baca juga: Google luncurkan fitur "Tentang Gambar Ini" dalam Bahasa Indonesia

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024