Guangzhou (ANTARA) - Pelabuhan Zhuhai di Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau (Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge/HZMB) pada Sabtu (6/4) menangani 19.570 kendaraan, mencatatkan rekor baru arus kendaraan harian tertinggi untuk ketiga kalinya dalam kurun tujuh hari, menur ut data resmi.

Dari 28 Maret hingga 6 April, lebih dari 1 juta penumpang dan 170.000 kendaraan, baik perjalanan masuk (inbound) maupun keluar (outbound) China Daratan, melewati pelabuhan tersebut, demikian dilaporkan oleh stasiun inspeksi perbatasan Zhuhai di HZMB, yang merupakan jembatan dan terowongan penyeberangan laut terpanjang di dunia.

Selama periode tersebut, total wisatawan Hong Kong dan Makau melampaui angka 740.000, sedangkan jumlah kendaraan Hong Kong dan Makau mencapai hampir 110.000, ungkap stasiun inspeksi perbatasan Zhuhai.

Keluarga-keluarga dari Hong Kong dan Makau menjadi penyumbang utama, yang mencakup sekitar 68 persen dari total arus penumpang, naik 25 poin persentase dibandingkan periode yang sama tahun lalu, lanjut stasiun inspeksi tersebut.

Dengan panjang 55 km, HZMB menghubungkan Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong, Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong, dan SAR Makau di China. HZMB menghadirkan peluang dan manfaat ekonomi yang luar biasa bagi Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024